//Cara Meningkatkan Kesadaran dan Keselamatan bagi Semua Karyawan

Cara Meningkatkan Kesadaran dan Keselamatan bagi Semua Karyawan

Setiap pelaku industri di Indonesia pasti mengetahui pentingnya K3 (keselamatan dan kesehatan kerja). Tetapi sayangnya, tidak semua mampu menerapkan hal ini secara menyeluruh dan tepat. Padahal K3 merupakan bidang yang penting dan salah satu alasan terciptanya lingkungan kerja minim risiko.

Idealnya, kesadaran tentang pentingnya K3 bukan hanya wewenang pemilik usaha tetapi juga setiap elemen yang ada di perusahaan tersebut termasuk para karyawan. Inilah mengapa untuk meningkatkan kesadaran para karyawan, pemilik usaha akan melakukan beberapa upaya. Salah satunya dengan memberikan pelatihan K3.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang juga bisa diterapkan demi terwujudnya lingkungan kerja yang aman, yaitu:

  1. Adanya Komitmen Manajemen Peran utama tentunya datang dari pihak manajemen, dalam hal ini pemilik perusahaan. Untuk mewujudkan kesadaran akan keselamatan lingkungan kerja, komitmen tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk kebijakan tertulis yang mudah dimengerti dan diketahu oleh seluruh pekerja. Bersama dengan peraturan, tunjukkan pula sikap dan segala tindakan terkait K3. Misalnya, bekerja berdasarkan SOP, menyediakan fasilitas keselamatan kerja yang memadai, dan membekali sumber daya manusia dengan pengetahuan tentang keselamatan kerja melalui pelatihan K3.
  2. Menerapkan Peraturan dan Prosedur Keselamatan Kerja Selain membuat kebijakan tertulis, manajemen juga bertanggung jawab dalam membuat peraturan dan prosedur keselamatan kerja yang mudah dimengerti serta harus disosialisasikan ke seluruh pekerja. Prosedur ini bertujuan untuk meminimalisasi risiko kecelakaan kerja dan melindungi para pekerja. Peraturan dan prosedur K3 bisa berbentuk penyediaan dan penggunaan alat pelindung diri (APD), prosedur izin kerja khusus, praktik kerja aman, dan prosedur tanggap darurat.
  3. Komunikasi yang Baik Tersedianya komunikasi dua arah yang sehat antara manajemen dan pekerja juga bisa menjadi bagian penting dalam terwujudnya kesadaran akan keselamatan kerja. Inilah mengapa dalam suatu perusahaan harus ada komunikasi yang terbuka (transparan), diskusi rutin, dan mengizinkan karyawan untuk mengungkapkan pendapatnya. Sediakan wadah yang tepat untuk mendukung proses komunikasi ini sehingga karyawan atau pekerja merasa bahwa posisi mereka penting dan memiliki tanggung jawab yang setara dalam menciptakan lingkungan kerja aman, selamat, serta sejahtera.
  4. Melibatkan Pekerja Secara Aktif Langkah selanjutnya, buang jauh-jauh pikiran bahwa keselamatan lingkungan kerja bergantung pada ahli atau departemen yang menangani K3. Budaya keselamatan akan lebih efektif apabila manajemen memiliki komitmen nyata dan melibatkan setiap lapisan pekerja secara aktif dalam penerapan K3. Langkah ini tidak hanya mampu meningkatkan kesadaran, tetapi juga membuat para pekerja merasa dihargai. Jadi secara tidak langsung, mereka juga akan merasa bertanggung jawab terhadap terciptanya lingkunga kerja yang aman sesuai dengan standar K3.
  5. Pelatihan Intensif Penerapan yang baik tidak akan memberikan hasil maksimal tanpa adanya pembekalan atau pelatihan yang memadai. Inilah mengapa, manajemen dan pemilik perusahaan harus memfasilitasi setiap pekerja mereka dengan pengetahuan mengenai K3. Pelatihan tentang K3 sendiri idealnya dilakukan secara berkala setiap beberapa periode, setahun sekali misalnya. Jika pelatihan dilakukan secara intensif dan para pekerja senantiasa diikutkan, maka secara tidak langsung kesadaran akan pentingnya lingkungan kerja aman muncul di benaka masing-masing individu. Untuk mendapat pelatihan yang tepat serta memperoleh sertifikat sah dan diakui pemerintah, Anda bisa bekerja sama dengan lembaga pelatihan K3 seperti Mutu Institute. Lembaga ini akan membantu karyawan memperoleh pengetahuan memadai tentang lingkungan kerja aman melalui serangkaian pelatihan K3 Jadi selain meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan kerja, kita juga bisa menghasilkan individu-individu berkualitas yang memiliki keahlian khusus dalam bidang K3. Itulah beberapa tips tentang meningkatkan kesadaran akan terbentuknya lingkungan kerja yang aman, selamat, dan sejahtera, Semoga bermanfaat.

Mau mengikuti pelatihan K3 dari Mutu Institute? Hubungi kami di: Hotline: 0819-1880-0007 Email: info@mutuinstitute.com

2020-10-21T20:51:25+07:00