//Ini Pentingnya Memiliki Sertifikasi K3

Ini Pentingnya Memiliki Sertifikasi K3

Dalam dunia kerja ada banyak hal yang bisa dieksplorasi agar seseorang bisa mendapatkan profesi yang dikehendaki. Mulai dari kemampuan di bidang akademis hingga keahlian khusus (soft skill). Salah satu keahlian khusus yang cukup bermanfaat adalah menjadi ahli K3.

K3 atau keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu bidang yang memiliki peran penting dalam sebuah industri atau perusahaan. Karena perannya ini, seseorang dengan keahlian di bidang K3 wajib memiliki sertifikat dari lembaga resmi milik pemerintah.

Di Indonesia, K3 diatur dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan UU No. 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan dan Ketentuan Pemerintah (PP). Sebab pada dasarnya setiap pekerja di negara kita wajib mendapatkan jaminan dalam keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja.

Untuk mendapatkan sertifikat ahli K3, seseorang harus menempuh pelatihan instensif selama beberapa hari dan lulus uji kompetensi. Pelatihan K3 sendiri biasanya diadakan oleh lembaga penyelenggara bekerja sama dengan lembaga negara yang berhak mengeluarkan sertifikat, yaitu Kemenaker, BNSP, dan LSP.

Tugas dan Kewajiban Ahli K3

Sebelum membahas pentingnya sertifikat K3, mari kita bahas dulu tugas dan kewajiban ahli yang telah memperoleh sertifikat, yaitu:

  1. Menunjukkan dan menjelaskan sejauh mana pekerjaan, wewenang, serta tanggung jawab yang harus dilakukan seorang ahli K3
  2. Menginformasikan apa saja yang menjadi hak pekerja di bagian K3
  3. Menunjukkan pentingnya penerapan K3 kepada pemilik perusahaan. Karena sepeneraoan K3 yang tepat terbukti dapat memperkecil biaya pengeluaran perusahaan apabila terjadi kecelakaan pekerja hingga terjadi cacat, terluka atau bahkan meninggal dunia.
  4. Menjelaskan dan menerapkan sistem manajemen K3
  5. Melakukan investigasi insiden terhadap kasus kecelakaan atau bencana yang terjadi dalam sebuah perusahaan.
  6. Mengidentifikasi potensi kecelakaan kerja sebagai pengawasansekaligus upaya di bidang keselamatan dan kesehatan kerja.
  7. Menjelaskan dan menerapkan peraturan undang-undang terkait K3 di tempat kerja.
  8. Melakukan audit untuk mengukur pencapaian tujuan terciptanya lingkungan kerja aman sesuai peraturan pemerintah dan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Tugas dan kewajiban di atas menunjukkan bahwa menjadi ahli K3 bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan pelatihan K3 yang tepat sesuai standar pemerintah Indonesia.

Tujuan Pelatihan K3

Tujuan utama pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja bukan hanya memperoleh sertifikat, peserta atau pekerja juga diharapkan mampu menjadi ahli yang benar-benar memiliki kemampuan dalam menjamin terciptanya lingkungan kerja aman dan terkendali.

Selain itu ada beberapa tujuan lain training K3 yang tidak kalah penting, di antaranya:

  1. Meningkatkan kemampuan peserta dalam melaksanakan pembinaan operasional K3 di perusahaan atau lembaga tempat peserta tersebut bekerja
  2. Agar peserta memperoleh sertifikat yang dapat meningkatkan nilai individu dan perusahaan sebagai seorang ahli K3
  3. Meningkatkan kemampuan peserta di bidang investigasi insiden apabila terjadi kecelakaan atau bencana di lingkungan kerja
  4. Agar peserta mampu menyediakan solusi efektif saat timbul kecelakaan di lingkungan kerja

Dilihat dari tujuannya, tentu kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya memiliki sertifikat K3 bagi seorang karyawan yang bekerja di lingkungan berisiko tinggi. Tidak hanya itu, seseorang dengan sertifikat K3 biasanya bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi karena keahliannya bukanlah suatu hal yang mudah didapatkan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memperoleh sertifikat K3? Jika iya, pastikan untuk mengikuti pelatihan tentang keselamatan dan kesehatan kerja di lembaga yang tepercaya seperti Mutu Institute. Bekerja sama dengan Kemenaker dan BNSP, Mutu Institute menyediakan peorgram pelatihan K3 insentif dengan materi yang disesuaikan undang-undang.

Soal kapabilitas dan legalitas, tentu kita tidak boleh ragu. Itulah ulasan tentang pentingnya memiliki sertifikat ahli K3 untuk seorang pekerja. Semoga bermanfaat.

Mau mengikuti pelatihan K3 dari Mutu Institute? Hubungi kami di: Hotline: 0819-1880-0007 Email: info@mutuinstitute.com

2020-10-22T09:52:14+07:00