//Sosialisasi Perpres No.44 Tahun 2020 “Sistem Sertifikasi ISPO”

Kelapa Sawit, Merupakan komoditi yang sudah tidak asing lagi. Terutama bagi negara seperti indonesia yang merupakan negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Berdasarkan fakta tersebut komoditas sawit menjadi salah satu penopang perekonomian indonesia. Melihat potensi besar yang dimiliki indonesia dalam produksi minyak kelapa sawit / CPO, tentunya upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan produktifitas dan keberterimaan di pasar global menjadi isu yang sangat penting untuk kemajuan industry sawit nasional.

Fokus pemerintah terhadap komoditas kelapa sawit dibuktikan kembali dengan diterbitkannya Perpres No.44 Tahun 2020 tentang sistem sertifikasi ISPO yang merupakan upaya peningkatan daya saing dan tata kelola perkebunan sawit yang lestari dan berkelanjutan. Untuk mendukung program pemerintah dalam tata kelola perkebunan sawit, Mutu Institute sebagai lembaga pelatihan yang teregister di Kementerian Pertanian ingin ikut berperan dan berkontribusi melalui program pelatihan.

Pada tanggal 3 Juli 2020, Mutu Institute bekerjasama dengan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Webinar Perpres No.44 Tahun 2020 yang dihadiri oleh berbagai kalangan dari pemerintah pusat dan daerah, dinas perkebunan, lembaga sertifikasi, perusahaan perkebunan kelapa sawit, para petani sampai dengan profesional independen di bidang terkait.
Dengan diselenggarakan Webinar Perpres No.44 Tahun 2020, diharapkan informasi yang disampaikan dapat diterima oleh seluruh pihak yang berkepentingan dan memberi dampak positif bagi tata kelola perkebunan kelapa sawit Indonesia yang berkelanjutan.
Narasumber :

Ir. Dedi Junaedi, M.Sc. selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan. Kementerian Pertanian RI
Leonada S.Hut selaku Lead Auditor ISPO PT Mutuagung Lestari.

2020-10-06T12:29:57+07:00