//STANDAR ISO 21001 – SISTEM MANAJEMEN ORGANISASI PENDIDIKAN

STANDAR ISO 21001 – SISTEM MANAJEMEN ORGANISASI PENDIDIKAN

APA ITU ISO 21001

Standar ISO 21001 adalah standar yang menyediakan pedoman dan instrument management bagi organisasi pendidikan agar dalam menyediakan jasa pendidikannya dapat memenuhi persyaratan peserta didik dan penerima manfaat lainnya.

Standar ini sangat penting dan merupakan kebutuhan bagi organisasi pendidikan untuk mengevaluasi sejauh mana mereka dapat memenuhi persyaratan dari peserta didik, penerima manfaat, dan pihak terkait lainnya dan untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk terus melakukan hal tersebut.

Fokus dari standar ini tidak hanya peserta didik yang diistilahkan dengan ‘Learner’, tapi juga penerima manfaat lainnya yaitu pemerintah, dunia industri, para orang tua, staff pengajar, pegawai di organisasi pendidikan, para alumni dan masyarakat umum.

Standar ISO 21001 terdiri dari 10 klausul, yaitu:

  1. Scope
  2. Normative reference
  3. Ruang lingkup
  4. Konteks Organisasi
  5. Leadership
  6. Planning
  7. Support
  8. Operation
  9. Performance Evaluation
  10. Peningkatan

SIAPA YG MENERAPKAN

Organisasi yang menyediakan jasa/produk pendidikan, baik formal dan non-formal. Termasuk di dalamnya sekolah, perguruan tinggi, akademi, PAUD, lembaga pelatihan, lembaga kursus, dan semua organisasi yang menyelengarakan layanan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi.

Tidak termasuk organisasi/manufaktur yang memproduksi alat-alat pendidikan.

MANFAAT

Beberapa manfaat bagi organisasi pendidikan yang menerapkan dan mendapatkan sertifikat ISO 21001 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan branding dan kredibilitas institusi
  2. Membantu dalam proses akreditasi pendidikan (bagi institusi pendidikan formal)
  3. Sebagai bukti komitmen organisasi untuk terus mengutamakan kualitas pendidikan
  4. Harmonisasi seluruh peraturan dan standar dalam satu kerangka standar international
  5. Keselarasan antara tujuan dan aktifitas dengan kebijakan (policy, visi, misi)
  6. Meningkatkan tangung jawab social dengan menyediakan pendidikan inklusif, fair dan sama rata yang berkualitas.

PROSES SERTIFIKASI

Proses sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional. Salah satu lembaga sertifikasi yang sudah dikenal luas adalah Mutu International (www.mutucertification.com).

Proses sertifikasi diawali dengan persiapan oleh organisasi pendidikan melalui serangkaian pelatihan-pelatihan dan penyusunan dokumen sistem yang disyaratkan di dalam standar ISO 21001. Setelah itu proses implementasi sistem selama lebih kurang 6 (enam) bulan sambil dilakukan proses review dan juga audit internal.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pelatihan dan sertifikasi ISO 21001, silahkan menghubungi mutu institute di 081918800007.

2020-10-21T21:46:16+07:00