Training Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL)

Training Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah perlu dilakukan dalam melakukan pengelolaan lingkungan melalui pengelolaan limbah industry perlu  tenaga kompeten yang diakui secara regional untuk mengelola air limbah di industry.

Dengan terbitnya Permen KLHK P5/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2/2018 Tentang Standar dan Sertifikasi Kompetensi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah dan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Air.

Maka diperlukan training Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) yang mengacu pada Permen KLHK tersebut untuk mempersiapkan tenaga kompeten yang bekerja di Industri yang memiliki IPAL dan kompetensi yang diakui secara Nasional maupun Internasional.

Training Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL)

Tujuan Standard

  1. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga Profesional bagi dunia industry yang memerlukan tenaga dalam Penanganan Pengolahan Air Limbah yang terlatih dan bersertifikat kompetensi.
  2. Melatih, Memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja untuk profesi bidang Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah.

Tujuan Pelatihan

  1. Peserta memahami peraturan perundangan yang terkait dengan pengelolaan air limbah.
  2. Peserta memahami karakteristik air limbah.
  3. Peserta memahami teknologi pengolahan air limbah (fisika, kimia dan biologi).
  4. Peserta mampu melakukan pengolahan air limbah.
  5. Peserta mampu melakukan perawatan instalasi pengolahan air limbah.
  6. Peserta memahami aspek K3 dalam pengolahan air limbah.

Persyaratan Peserta Sertifikasi

  1. Tingkat Pendidikan Paling Rendah :
    1. D-3 (Diploma-Tiga) rumpun ilmu lingkungan, dengan pengalaman kerja paling sedikit 1(satu) tahun dibidang operasional pengolahan air limbah; atau
    2. D-3 (Diploma-Tiga) selain Rumpun Ilmu Lingkungan, dengan pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun dibidang operasional pengolahan air limbah; atau
    3. Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan pengalaman kerja paling sedikit 4 (empat) tahun di bidang operasional pengolahan air limbah.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan usaha/ atau kegiatan;
  3. Mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan dan tulisan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari atasannya; dan
  4. Memenuhi kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan dalam standar kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan di bidang terkait.

Siapa Saja Yang Dapat Mengikuti Pelatihan Ini?

  1. Pengelola dan atau pelaksana (process engineer) pada pengolahan air limbah atau operator IPAL
  2. Departemen K3 dan Lingkungan
  3. Pelaksana Sanitasi
  4. Badan Pengawas Lingkungan baik pemerintah maupun swasta.

Materi Pelatihan

  1. Mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  2. Menilai tingkat Pencemaran Air Limbah
  3. Melakukan Perawatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  4. Mengidentifikasi Bahaya Dalam Pengolahan Air Limbah
  5. Melakukan Tindakan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Bahaya Dalam Pengolahan Air Limbah.

Jika Anda ingin membuat perubahan bagi Anda dan perusahaan serta bersedia mengambil tantangan untuk memperoleh sertifikasi POPAL, Mutu Institute akan memastikan kebutuhan Anda akan terpenuhi dan Anda akan menjadi bagian dari berubahan.

Testimonial

Training seru, fasilitas lengkap harga murah . Recomended banget buat ngadain training di kantor. Oiya trainernya ngayomin banget, juga kita dapet training kit yang lengkap banget termasuk modul modul nya lengkap juga. Materi yang dibawakan juga mudah dipahami, pokoknya the best deh Training di Mutu Institute. Terima Kasih Ya.

Panguhitan Sinaga

Training di Mutu Institute sangat mengesankan , pemilihan tempat training sangat nyaman, trainernya ramah dan cara penyampaiannya mudah di cerna, ohiya training nya tidak membosankan karena ada banyak hiburan seperti ice breaking dan masih banyak juga yang lainnya. Suasana trainingnya cair .Dan yang paling utama harga yang terjangkau, Overall saya sangat puas mengikuti training di Mutu Institute. Terima Kasih

Amril Gunawan

Training Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL)

Jangan Lewatkan Pelatihan POPAL Mutu Institute

Ikuti Training sesuai kebutuhan Anda Bersama Kami..

Anda dapat mengajukan pelatihan sesuai kebutuhan perusaha maupun individu. Hubungi tim Mutu Institute sekarang juga.