ISPO2020-10-09T20:17:09+07:00

ISPO
Indonesian Sustainable Palm Oil System

Apa itu ISPO?

Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) adalah suatu kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia dan ikut berpartisipasi dalam rangka memenuhi komitmen Presiden Republik Indonesia untuk mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan. ISPO dibentuk pada tahun 2009 oleh pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa semua pihak pengusaha kelapa sawit memenuhi standar pertanian yang diizinkan. ISPO merupakan standar nasional minyak sawit pertama bagi suatu negara, dan negara lain kini mencoba mempertimbangkan untuk mengimplementasikan standar serupa di antara produsen minyak sawit

Mengapa ISPO penting untuk diterapkan?

Manfaat dari penerapan ISPO adalah :

  1. membantu perusahaan mengidentifikasi kepatuhan hukum karena persyaratan ISPO berisi pemenuhan beberapa peraturan yang  sudah ada seperti peraturan lingkungan, pertanahan, dll.
  2. meningkatkan kesiapan tekanan pasar yang makin besar di masa depan; di mana dalam jangka panjang, pembeli hanya akan membeli produk kelapa sawit dari kebun yang tersertifikasi.
  3. Memenuhi tuntutan pasar yang tidak terbatas pada pasar internasional, akan tetapi juga pasar nasional.
  4. meningkatkan daya saing perkebunan kelapa sawit dengan penerapan pengelolaan sawit yang baik dengan produktifitas yang tinggi.
  5. turut serta menjaga kelestarian lingkungan

Keuntungan dari pelatihan ISPO

Dapat menjadi professional bersertifikat ISPO, anda akan mendapatkan manfaat :

  1. Memahami pentingnya ISPO
  2. Memahami Integrasi persyaratan persyaratan ISPO
  3. Memahami Integrasi sistem dokumentasi ISPO
  4. Mengenal peraturan perundangan terkait ISPO
  5. Memahami tahapan dan metoda persiapan sertifikasi ISPO

Bagaimana cara untuk mengikuti pelatihan ISPO?

Jika Anda ingin membuat perubahan bagi anda dan perusahaan dan bersedia mengambil tantangan untuk memperoleh sertifikasi ISPO, Mutu Institute akan memastikan kebutuhan Anda akan terpenuhi dan Anda akan menjadi bagian dari berubahan.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap.

Untuk mendapatkan pengetahuan tentang Indonesia Sustainable Palm Oil melalui kegiatan pelatihan ISPO yang diselenggarakan oleh Mutu Institute, silahkan pilih jenis pelatihan yang telah kami sediakan dibawah ini.

Pelatihan pemahaman standar ISPO adalah pelatihan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan informasi kepada peserta agar dapat mengetahui tentang persyaratan – persyaratan ISPO serta memahami pentingnya penerapan ISPO pada perusahaan perkebunan kelapa sawit

2 Hari, Ada Ujian, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran

Pelatihan Internal Audit ISPO adalah pelatihan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan  praktis kepada peserta agar dapat mengelola program audit internal dan melakukan kegiatan audit internal ISPO. Pembahasan pada pelatihan Internal Audit ISPO sebagian besar adalah pengetahuan tentang teknik audit ISPO mutu sesuai ISO 19011, dan sekilas pembahasan mengenai persyaratan ISPO.

3 Hari, Ada Ujian, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran

Pelatihan Auditor ISPO adalah upaya untuk mempercepat penerapan implementasi keberlanjutan/sustainability pada Kelapa Sawit Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 11 Tahun 2015 yang mana merupakan rangkuman seluruh peraturan perundangan yang terkait dengan perkelapa sawitan di Indonesia, bersifat mandatori yang harus dipatuhi oleh seluruh pelaku usaha perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Dalam upaya menjadikan ISPO sebagai komitmen nasional dan diterapkan secara konsisten oleh pelaku usaha perkebunan kelapa sawit di Indonesia, Mutu Institute bekerja sama dengan Sekretariat Komisi ISPO menyelenggarakan Pelatihan Auditor ISPO dalam rangka percepatan implementasi ISPO di perusahaan maupun masyarakat perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

6 Hari, Ada Ujian & Praktek, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran & Kelulusan