//Alasan BUMN Wajib Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Alasan BUMN Wajib Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan

BUMN berperan penting dalam mendukung perekonomian negara, namun masih banyak yang belum menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Menteri BUMN Erick Tohir memberi data mengejutkan dalam acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi 26 Agustus lalu: dari semua BUMN di Indonesia, baru 53 persen yang menerapkan SMAP. Ini berarti 47 persen lainnya tidak memiliki sertifikasi ISO 37001 terkait kebijakan antisuap.

Mengapa BUMN wajib memiliki sertifikasi ini? Bagaimana cara mendapatkan pelatihan formal dalam Sistem Manajemen Anti Penyuapan?

BUMN dan Sertifikat SMAP

Erick Tohir menjelaskan rencananya untuk membuat semua BUMN di Indonesia memiliki sertifikat SMAP. Hal ini sebenarnya sudah tertuang dalam SK Nomor S-17/S.MBU/02/2020, tetapi belum semua BUMN menerapkannya. Beliau bahkan berencana memberi sanksi berupa pemecatan terhadap direktur perusahaan jika BUMN tersebut belum mendapat sertifikat hingga akhir tahun 2020.

Selain menuntut BUMN untuk menerapkan pelatihan ISO 37001, kementerian juga mengeluarkan surat edaran tentang berbagai larangan terkait upaya penyuapan dan tindakan tidak etis lain. Contohnya adalah:

  • Melarang pemberian hadiah selama rapat atau acara resmi BUMN lainnya
  • Melarang pengadaan tender kecuali jika BUMN tersebut memang merupakan produsen barang
  • Mewajibkan transparansi dalam berbagai aktivitas penting di tubuh BUMN, misalnya pengadaan anggaran kegiatan

BUMN wajib menerapkan standar nasional untuk penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Sertifikasi SNI ISO 37001 menjadi panduan untuk melakukan pengawasan, penerapan, dan evaluasi tindakan antisuap di tubuh BUMN.

Manfaat Sertifikasi SMAP untuk BUMN

Ada beberapa alasan BUMN wajib memiliki standar formal untuk manajemen antisuap. Berikut beberapa contohnya:

1.      Pelayanan Lebih Baik

Sebagai lembaga pemerintah, fungsi utama BUMN adalah memberi pelayanan terhadap masyarakat dalam berbagai bidang. Penerapan manajemen antisuap membantu meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus membantu lebih banyak orang.

2.      Peningkatan Indeks Kepercayaan Masyarakat

Banyak anggota masyarakat di Indonesia masih cenderung skeptis terhadap mutu pelayanan BUMN. Penerapan manajemen antisuap tidak hanya meningkatkan mutu layanan, tetapi juga indeks kepercayaan masyarakat. Jika masyarakat semakin percaya pada BUMN, tingkat penerimaan terhadap tugas institusi juga lebih positif.

3.      Peningkatan Pemasukan Negara

Indeks kepercayaan masyarakat terhadap BUMN berbanding lurus dengan pemasukan negara. Jika masyarakat melihat bahwa BUMN memberi pelayanan baik, mereka akan cenderung memilihnya walau ada pilihan dari perusahaan swasta. Hal ini membantu meningkatkan pendapatan negara.

4.      Kemudahan dalam Audit dan Evaluasi

Sertifikasi ISO 37001 merupakan standar formal dalam penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Hal ini mencakup pengawasan, pelaksanaan, pelaporan, serta pengumpulan bukti-bukti jika terbukti ada tindakan penyuapan. Prosedur yang rapi serta sesuai standar memudahkan proses audit dan evaluasi untuk meningkatkan efisiensi kerja BUMN tanpa suap.

5.      Mengurangi Peluang Korupsi

Penerapan SMAP mampu mengurangi peluang korupsi karena adanya penekanan terhadap transparansi dan perbaikan birokrasi, dua hal yang masih menjadi masalah dalam beragam institusi di Indonesia. Jika manajemen antisuap telah diterapkan secara menyeluruh, peluang korupsi akan berkurang dan kinerja institusi serta kepuasan masyarakat meningkat.

Komite Akreditasi Nasional (KAN) ikut berkontribusi dengan memberi akreditasi pada institusi yang memberi pelatihan SNI ISO 37001. Salah satunya adalah MUTU Institute.

MUTU Institute dan Sertifikasi ISO 37001

MUTU Institute menyediakan beragam program pelatihan dan sertifikasi, termasuk untuk Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Paduan materi lengkap serta penyampaian yang disesuaikan dengan klien menjadikannya solusi sempurna untuk menerapkan SMAP di kalangan BUMN Indonesia. Pelatihan ISO 37001 tersedia untuk berbagai jenis organisasi dan institusi, lengkap dengan tarif bersaing serta hasil memuaskan. Jadikan MUTU Institute

solusi ideal untuk mendukung peningkatan kualitas BUMN.

 

Mau mengikuti pelatihan ISO 37001, daftarkan organisasi Anda sekarang juga. Anda dapat menghubungi  kami di: Hotline: 0819-1880-0007 Email: info@mutuinstitute.com

2020-11-06T09:30:06+07:00