Yuk, Manfaatkan 6 Aplikasi Pengecekan Produk Halal

Ada beberapa aplikasi pengecekan produk halal yang bisa digunakan untuk mengetahui kehalalan produk. Ketahui apa saja fitur yang ditawarkan.

Sebelum membeli suatu produk, Anda tentu ingin mengetahui status kehalalannya. Lalu, apa langkah yang harus dilakukan?

Teknologi canggih sangat memudahkan karena kini ada sejumlah aplikasi pengecekan produk halal yang bisa kamu manfaatkan. Berikut di antaranya:

Aplikasi Pengecekan Produk Halal

1. Halal MUI

Halal MUI adalah aplikasi dari LPPOM MUI yang memiliki fitur untuk mencari produk halal. Pencarian dapat dilakukan dengan nama produk, produsen, nomor sertifikat halal, atau barcode produk. Selain itu, ada juga fitur Halal Resto yang memungkinkan pengguna mengecek restoran yang bersertifikasi halal.

Selain itu, melalui aplikasi ini Anda bisa memantau proses sertifikasi halal pada suatu produk. Jika memiliki pertanyaan seputar produk halal, Anda bisa memanfaatkan fitur Tanya Halal atau menghubungi nomor Call Center LPPOM MUI.

2. Scan Halal Food

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengecek kehalalan produk adalah Scan Halal Food. Aplikasi ini telah diinstall oleh lebih dari 100.000 pengguna. Melalui fitur yang tersedia, Anda bisa mendeteksi zat haram yang terdapat pada suatu produk. Aplikasi ini misalnya dapat dimanfaatkan untuk mengenali produk halal saat berbelanja di toko.

Caranya adalah dengan melakukan scan pada nama-nama bahan yang digunakan untuk membuat produk. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan penjelasan tentang bahan-bahan tersebut. Anda juga bisa mengetahui statusnya apakah halal atau haram.

3. My Halal Scanner

My Halal Scanner adalah aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mengecek produk halal. Tampilan aplikasi ini sangat sederhana sehingga mudah digunakan. Seperti namanya, My Halal Scanner digunakan untuk memeriksa sebuah produk menggunakan scan.

Dari hasil scan terhadap foto produk, Anda bisa mengetahui apakah produk tersebut berstatus halal, haram, atau meragukan. Ada pula informasi mengenai daftar bahan-bahan yang digunakan dalam produk. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat lebih berhati-hati saat mengonsumsi makanan atau minuman.

4. Scan Halal

Informasi kehalalan produk juga bisa didapatkan dari aplikasi Scan Halal. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 500.000 orang. Untuk mendapatkan informasi status halal, Anda hanya perlu melakukan scan barcode pada kemasan produk. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai bahan, penjelasan, dan alternatif produk yang bisa digunakan.

Aplikasi yang dibuat oleh teamhalal.org ini diharapkan dapat membantu banyak orang mendapatkan informasi status halal suatu produk. Anda pun akan diberi alternatif produk lain yang dinilai lebih halal.

5. Halal Check E-number & E-codes

Aplikasi pengecekan produk halal lainnya adalah Halal Check E-number & E-codes. Untuk mengetahui halal tidaknya suatu produk, Anda harus memasukkan E-number. Kemudian, akan muncul informasi mengenai bahan pembuat produk beserta kehalalannya.

Menariknya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100.000 pengguna ini menyediakan fitur Live Makkah dan Live Madina. Jadi, Anda akan bisa merasakan suasana religius saat membuka aplikasi ini.

6. Halal Trip

Aplikasi yang menawarkan konsep yang berbeda adalah Halal Trip. Dalam aplikasi ini, Anda tidak hanya memperoleh informasi mengenai makanan halal, tetapi juga restoran halal yang dikunjungi saat traveling. Aplikasi ini juga menyediakan fitur berupa waktu salat di daerah yang dikunjungi.

Melalui aplikasi ini, Anda pun bisa mengukur dan memantau pola beribadah. Tersedia pula fitur yang menampilkan motivasi harian sehingga aktivitas Anda lebih menyenangkan.

Nah, inilah sejumlah aplikasi pengecekan produk halal yang tersedia. Anda bisa memilih salah satunya untuk memastikan produk yang dibeli telah memiliki sertifikasi halal.

Jika Anda seorang yang menyukai tantangan dan ingin menjadi auditor halal, Mutu Institute menjadi tempat yang tepat bagi pelatihan Anda. Tunggu apalagi? Segera hubungi Mutu Institute melalui info@mutuinstitute.com atau 0819-1880-0007.