//Hilangkan Budaya Suap dengan Penerapan ISO 37001

Hilangkan Budaya Suap dengan Penerapan ISO 37001

Budaya suap adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi berbagai instansi di Indonesia. Kerugian yang ditimbulkan begitu besar sehingga menjadi isu nasional dan bahkan berdampak ke pemberitaan internasional. Sertifikasi ISO 37001 diharapkan menjadi solusi formal bagi berbagai institusi, lembaga, dan perusahaan untuk mengikis budaya suap serta menciptakan iklim kerja positif.

Budaya Suap dan Pembentukan ISO 37001

Menurut data World Bank, kerugian akibat kejahatan suap bisa mencapai satu triliun Dolar AS setiap tahunnya. Hal ini termasuk korupsi di Indonesia yang telah mengakar dan bahkan menjadi kelaziman. Walau kita telah memiliki kesadaran lebih tinggi terhadap bahaya suap, lengkap dengan lembaga yang didirikan untuk mengawasinya, kasus suap di beragam instansi tetap marak dan melibatkan berbagai nilai transaksi.

Pada tanggal 15 Oktober 2016, ISO menerbitkan ISO 37001 Anti-bribery Management System (Sistem Manajemen Anti Penyuapan/SMAP). Dikembangkan oleh tim yang dipimpin Neill Stansbury, pengacara serta ketua Global Infrastructure Anti-corruption Centre, standar anti penyuapan ini berisi aturan dan persyaratan terkait pelaporan, penerapan, pengawasan, evaluasi, dan peningkatan metode untuk membasmi kejahatan penyuapan.

Dalam praktiknya, ISO 37001 bisa berdiri sendiri sebagai patokan resmi pencegahan serta pengawasan terhadap budaya suap, atau dijadikan satu dengan ISO 9001 terkait sistem manajemen kualitas. Panduan dalam ISO 37001 dibuat berdasarkan patokan dari organisasi internasional seperti Transparency International dan International Chamber of Commerce.

Mengapa ISO 37001 Mendukung Penghapusan Budaya Suap?

ISO 37001 menjadi standar berbagai negara untuk memberantas budaya suap. Dalam praktiknya, ISO 37001 mengandung beberapa poin penting dalam pemberantasan suap, yaitu:

1.      Pengenalan Jenis Suap

Bagian pertama dokumen ISO 37001 menjelaskan tentang jenis-jenis tindakan suap, misalnya suap publik, suap antar anggota organisasi/perusahaan, suap dari pihak luar ke orang dalam, suap langsung serta tidak langsung, dan sebagainya.

2.      Peran dan Tanggung Jawab

Bagian ini membahas pentingnya peran berbagai pihak di tubuh perusahaan, lembaga, atau institusi dalam pemberantasan suap. Misalnya, tanggung jawab dan peran pemimpin berbeda dari manajer dan karyawan biasa.

3.      Perencanaan

Bagian ini membahas perencanaan metode deteksi, pemberantasan, dan pencegahan tindakan suap. Ada juga rencana manajemen risiko untuk mengurangi kemungkinan terjadinya suap.

4.      Pelaksanaan

Bagian ini membahas langkah penting ketika mengetahui adanya aksi suap di tubuh organisasi, perusahaan, atau institusi. Pihak yang bertanggung jawab juga harus tahu cara merekam bukti-bukti dan mengumpulkan dokumen agar pihak berwajib bisa memproses kasusnya.

5.      Evaluasi

Penerapan manajemen antisuap harus disertai evaluasi dan pelaporan. Selain melaporkan hasil, tahap ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan metode pencegahan praktik suap yang lebih efektif.

Bagaimana cara menerapkan langkah-langkah ini? Perusahaan atau institusi bisa menerapkan pelatihan ISO 37001. Indonesia telah memiliki institusi terakreditasi untuk memberi sertifikat ISO 37001 berstandar SNI.

Solusi Pelatihan untuk Hilangkan Budaya Suap

MUTU Institute adalah lembaga yang memberi pelatihan SNI ISO 37001 untuk berbagai lembaga, organisasi, perusahaan, dan pemilik bisnis. Programnya tidak terbatas pada lembaga ukuran besar, tetapi juga menengah dan bahkan bisnis kecil. Dikemas secara komprehensif dan mudah dicerna, program pelatihan MUTU Institute membantu Anda mengikis budaya suap lewat praktik nyata.

MUTU Institute memiliki akreditasi dari berbagai lembaga nasional dan internasional. Setiap kurikulum disesuaikan dengan karakteristik peserta sehingga mudah dicerna dan diterapkan. Hilangkan budaya suap dengan memastikan setiap anggota, karyawan, atau departemen Anda memahami prosedur penanganan praktik suap. Ketahui caranya dengan mendaftar untuk sertifikasi ISO 37001 bersama MUTU Institute.

 

Mau mengikuti pelatihan ISO 37001, daftarkan organisasi Anda sekarang juga. Anda dapat menghubungi  kami di: Hotline: 0819-1880-0007 Email: info@mutuinstitute.com

2020-11-06T09:30:25+07:00