Ini Profesi di Bidang K3 yang Perlu Anda Ketahui

Ini Profesi di Bidang K3 yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda ingin mengetahui tentang profesi di bidang K3 dan pelatihan K3, baca artikel berikut untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Selama ini tidak banyak orang tahu apa itu K3, padahal K3 sangat penting bagi keselamatan dan kinerja yang optimal dari para pekerja di perusahaan. Apalagi saat ini maupun di masa mendatang profesi di bidang K3 sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya penting bagi sebuah perusahaan untuk ikut serta dalam pelatihan K3.

Apa Itu K3?

K3 merupakan singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja memang menjadi isu penting, baik dalam skala nasional maupun internasional. Pasalnya, setiap perusahaan diwajibkan untuk dapat menerapkan persyaratan dari K3 ini.

Oleh karenanya, K3 tidak lagi hanya diperlukan bagi perusahaan minyak dan gas, proyek konstruksi dan manufaktur atau pertambangan saja. Namun, semua jenis perusahaan dengan kriteria tertentu sudah harus menerapkannya.

Mengapa Harus Memiliki Sertifikasi

Sertifikasi dan penunjukan sebagai ahli K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Umum merupakan program pemerintah untuk meminimalisasi kecelakaan dan penyakit di dunia kerja. Dengan demikian, keamanan bekerja, profit, dan image perusahaan sekaligus dapat ditingkatkan.

Banyak yang belum mengetahui alasan harus mengikuti pelatihan K3 dan memiliki sertifikasi di bidang K3 ini. Tujuan dari kegiatan pelatihan dan sertifikasi insiden investigasi adalah dapat memahami kerangka berpikir Loss Causation Model, insiden pendekatan, mekanisme pelaporan insiden, investigasi dan analisis penyebab insiden, hingga rekomendasi perbaikan kinerja.

Profesi di Bidang K3

Profesi di bidang K3 ini adalah sebuah profesi yang menjanjikan bahkan sampai beberapa puluh tahun mendatang. Meski begitu, seluruh karyawan tetap wajib memiliki pengetahuan di bidang ini, tidak hanya karyawan bidang K3 saja. Dalam hal ini termasuk lini supervisor, lini manajer, ataupun personel yang ditunjuk perusahaan sebagai Tim Penyelidik Insiden perusahaan.

  • Semakin beragamnya jenis industri dan proses produksi menuntut individu bekerja dengan risiko bahaya yang lebih tinggi di remote area, daerah primitif, shift malam, atau bekerja dengan nuklir.
  • Profesi keselamatan dan kesehatan kerja (health and safety engineer) adalah sebuah profesi yang unik. Hasil kerja dari profesi ini “tidak terlihat” tetapi bukan berarti tidak memiliki hasil. Health and safety engineer ini juga memiliki target output “zero incident” yang juga sulit diukur.
  • Profesi keselamatan dan kesehatan kerja (health and safety) ini juga termasuk unik karena multidisiplin meliputi bidang mechanical, engineering, matematika, statistik, kesehatan, biologi, kimia, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, isu yang kompleks dan multidimensi bakal dihadapi oleh seorang ahli keselamatan dan kesehatan kerja (health and safety engineer) dalam pekerjaannya.

Tempat Sertifikasi Pelatihan K3

Tempat Sertifikasi Pelatihan K3 adalah di lembaga pelatihan yang resmi atau terdaftar dan diakui berbagai lembaga. Salah satunya adalah Mutu Institute.

  • Mutu Institute telah mendapatkan pengakuan sebagai lembaga pelatihan resmi untuk profesi di bidang K3. Lembaga pelatihan ini terdaftar sejak tahun 2016 dari berbagai lembaga baik nasional maupun international.
  • Lembaga nasional antara lain LSP LSK-K3 ICCOSH (pelatihan dan sertifikasi kompetensi ahli K3) yang terdaftar di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
  • Selain itu juga dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker untuk pelatihan dan sertifikasi lingkup bidang Lingkungan kerja dan bahan berbahaya, Keselamatan Kerja, dan Sistem Manajemen K3, serta Ahli K3 Umum).
  • Sementara itu, lembaga international yang mengakui Mutu Institute sebagai partner adalah PECB (Pelatihan Lead Auditor ISO 37001).
  • Materi hybrid training di Mutu Institute disampaikan oleh trainer yang kompeten di bidangnya dengan harga terjangkau. Hal ini disebabkan sebagian besar pelatihan dilakukan secara online.

Nah, jika ingin membuat perubahan, menyukai tantangan untuk mendapat sertifikasi Ahli K3 Umum, serta ingin memiliki profesi di bidang K3, Mutu Institute menjadi tempat pelatihan K3 yang sesuai bagi pelatihan Anda.