Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 50001

Apa pentingnya penerapan sertifikasi ISO 50001? Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi ISO 50001? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Sertifikasi ISO 50001 merupakan sebuah penetapan bahwa sebuah perusahaan telah layak dan memenuhi standar ISO internasional sistem manajemen energi dalam organisasinya. Untuk memperoleh sertifikasi ini, perusahaan harus mempersiapkan banyak hal dan menjalani beberapa tahap audit sebelum akhirnya dinyatakan resmi mendapat sertifikasi.

Selain itu, setelah mengantongi sertifikasi ISO 50001, perusahaan pun tetap menjalani audit secara rutin setiap tahunnya untuk menjaga konsisten.

Apabila proses audit menemukan adanya ketidaksesuaian antara implementasi sistem manajemen energi perusahaan tersebut dengan syarat ISO 50001, maka bukan tak mungkin sertifikasi tersebut akan dicabut dan perusahaan kehilangan berbagai keuntungan dan manfaat yang diperolehnya dari sertifikasi tersebut.

Pentingnya Sertifikasi ISO 50001

Penggunaan energi dalam operasional perusahaan cukup besar. Sumber utama yang digunakan saat ini pun masih bergantung pada sumber daya fosil. Padahal, ketersediaan bahan baku fosil terus menipis, sedangkan permintaan terus meningkat setiap waktunya.

Di sisi lain, sumber energi ini juga menghasilkan dampak kurang baik bagi lingkungan. Salah satunya adalah dampak terhadap efek rumah kaca yang terus meningkat akibat pembakaran dan proses pengolahan dan penggunaan bahan-bahan tersebut.

Tak ketinggalan, biayanya pun relatif mahal sehingga perusahaan harus mengeluarkan ongkos yang tak sedikit untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentunya, pengeluaran ini berpengaruh pula terhadap profitabilitas yang diperoleh perusahaan.

Maka dari itu, ISO 50001 bertujuan untuk membantu perusahaan dalam pengelolaan dan peningkatan efisiensi energi. ISO 50001 dirancang membantu perusahaan menggunakan aset-aset yang dimiliki dengan lebih bijak, melakukan evaluasi kinerja energi, memprioritaskan penggunaan teknologi hemat energi, dan mendorong efisiensi di seluruh rantai suplai.

Dari segi bisnis, tentu saja, hal ini akan bermuara pada penekanan opex sehingga meningkatkan keuntungan secara optimal.

Sertifikasi ISO 50001 yang dimiliki perusahaan juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut. Perusahaan dapat lebih mengukuhkan dirinya dengan branding sebagai good corporate citizen sehingga meningkatkan kepercayaan publik.

Tak ketinggalan, dari segi business to business pun, perusahaan yang mengantongi  ISO 50001 juga berpeluang mendapatkan lebih banyak mitra berkualitas.

ISO 50001 Menerapkan Siklus PDCA

Cara-Mendapatkan-Sertifikasi-ISO-50001

ISO 50001 menerapkan pendekatan siklus PDCA (Plan, Do, Check, Act) dalam aplikasinya. PDCA adalah sebuah proses pemecahan masalah menggunakan empat langkah iteratif yang banyak digunakan dalam bidang pengendalian kualitas.

Model manajemen ini dicetuskan oleh Walter Shewhart yang kemudian dikembangkan oleh W. Edwards Deming dan dimaksudkan sebagai proses perbaikan sebuah entitas.

Proses iterasi tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah siklus tanpa akhir (berulang dan berkesinambungan) dengan hasil integral di setiap siklus yang dilakukan. Nantinya, siklus tersebut akan menjadi sebuah alur pekerjaan dalam pengerjaan proyek atau program tertentu yang dapat digunakan pula sebagai literatur proyek atau program lainnya.

Hal ini dapat terjadi karena siklus PDCA tidak sekadar memfasilitasi rencana, tetapi juga aplikasi serta pengolahan dan evaluasi. Data hasil yang diperoleh akan dianalisis dan diuraikan apa saja yang perlu dilakukan perbaikan atau penyesuaian.

Setelah itu, organisasi akan kembali mengulangi siklus berdasarkan analisis yang dilakukan. Dengan demikian, proses perbaikan akan terus berulang.

Adapun uraian singkat mengenai konsep PDCA adalah sebagai berikut.

Plan

Tahap ini melakukan perencanaan terhadap tujuan yang akan diperoleh. Organisasi akan melakukan identifikasi masalah menggunakan teknik 5W dan dilengkapi root cause analysis.

Do

Tahap ini melakukan pengerjaan atas rencana yang telah disusun. Dalam praktiknya, bukan tidak mungkin organisasi akan menemukan masalah yang tidak diperkirakan terjadi. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melakukan perencanaan yang mendalam dengan lingkup yang lebih kecil sehingga lebih mudah terkendali.

Selain itu, agar tahap ini lebih sukses, ada baiknya melakukan standarisasi sehingga setiap pihak yang terlibat memahami betul peranannya.

Check

Tahap ini melakukan pemeriksaan intensif. Hasil pelaksanaan di tahap sebelumnya akan diaudit untuk melihat apakah sudah sesuai dengan perencanaan di tahap awal.

Act

Tahap ini menindaklanjuti hasil yang diperoleh untuk membuat perbaikan sesuai dengan kebutuhan. Di dalam tahap act juga terdapat upaya mengidentifikasi problem dalam implementasi rencana yang dibuat.

Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 50001

Cara-Mendapatkan-Sertifikasi-ISO-50001

Sertifikasi ISO 50001 dapat digunakan di berbagai bidang organisasi atau perusahaan, baik manufaktur, perhotelan, pusat bisnis, dan lain-lain. Siapa saja yang memerlukan sertifikasi ini pun bisa melakukan pengajuan ke lembaga sertifikasi yang resmi dan kredibel.

Nantinya, tim sertifikasi akan melakukan audit sebanyak dua tahap sebelum akhirnya mengeluarkan sertifikat jika memang perusahaan tersebut lolos dan memenuhi syarat ISO 50001.

Kendati begitu, persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan sertifikasi ISO 50001 pun cukup panjang dan kompleks.

Setiap entitas harus bersepakat untuk mengikuti sertifikasi dan berkomitmen menjaga konsistensi standar di masa mendatang. Maka dari itu, peranan manajemen puncak pun sangat krusial dalam hal ini.

Secara umum, berikut adalah langkah-langkah mulai dari persiapan sertifikasi ISO 50001.

Membuat Komitmen

Manajemen puncak atau pimpinan perusahaan harus berkomitmen melaksanakan implementasi ISO 50001 Sistem Manajemen Energi. Dengan demikian, pimpinan pun perlu terlibat dengan berbagai asosiasi, badan, atau instansi lain  terkait untuk mencari referensi.

Sebagai catatan, salah satu syarat ISO adalah organisasi tersebut minimal harus sudah beroperasi selama tiga bulan.

Membentuk Tim ISO

Manajemen puncak menetapkan sumber daya manusia dalam perusahaan yang akan menjadi tim pelaksanaan penerapan ISO. Tim ini terdiri dari ketua dan tim. Anggotanya terdiri dari perwakilan tiap divisi atau departemen. Jika diperlukan, manajemen puncak dapat menunjuk pula manajemen representatif.

Melakukan Pelatihan

Perusahaan perlu menetapkan waktu khusus untuk melakukan pelatihan ISO 50001 Sistem Manajemen Energi. Hal ini sangat penting terutama jika informasi atau pengetahuan mengenai ISO 50001 masih belum banyak dipahami.

Mutu Institute adalah salah satu lembaga pelatihan ISO terbaik di Indonesia.

Pelatihan umumnya berlangsung selama dua hari berikut ujiannya. Adapun materi yang disampaikan adalah terkait konsep sistem manajemen energi dan ISO 50001, interpretasi persyaratan, hingga gambaran implementasi standar ISO 50001.

Memilih Lembaga Sertifikasi ISO

Usai melakukan pelatihan dan siap untuk melakukan sertifikasi, perusahaan mengajukan permohonan sertifikasi ke lembaga atau badan berkompeten yang resmi dan terakreditasi.

Melakukan Gap-Analysis dan Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan

Perusahaan melakukan perbandingan antara sistem manajemen yang sudah diterapkan dengan standar ISO 50001 sekaligus menganalisis kesenjangannya. Selain itu, perusahaan juga perlu menetapkan kebijakan, struktur organisasi, job desc, hingga prosedur kerja masing-masing departemen.

Implementasi ISO 50001 dan Audit Internal

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, maka perusahaan pun mengimplementasikan apa yang telah dipahami dan direncanakan. Untuk memastikan bahwa implementasi telah sesuai, dilakukan audit internal. Apabila ditemukan ada yang belum sesuai, maka dapat segera diambil tindakan perbaikan.

Audit Sertifikasi ISO

Terakhir, barulah pihak yang ditunjuk sebelumnya melakukan audit untuk menentukan apakah perusahaan telah menerapkan sistem manajemen sesuai ISO 50001. Jika sesuai, maka sertifikat akan diterbitkan dan dilakukan audit berkala untuk memantau konsistensi perusahaan.

Ingin mengikuti Pelatihan/Training? Belum dapat Lembaga Pelatihan yang terpercaya? Segera hubungi kami melalui info@mutuinstitute.com atau 081918800013. Follow juga Instagram Mutu Institute di @mutu_institute untuk update pelatihan lainnya.

Picture of Tami Mutu Institute
Tami Mutu Institute

Professional Trainer