Industri Menggunakan IPAL? Wajib Ada POPAL dan PPPA dengan Sertifikat Kompetensi

Untuk mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air Limbah, ada peran POPAL dan PPPA. Semua industri wajib mempekerjakan personil POPAL dan PPPA yang bersertifikasi.

IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah merupakan suatu struktur yang dirancang untuk memisahkan dan membuang limbah biologis serta kimiawi dari air. Tujuannya supaya air tersebut dapat dipergunakan kembali untuk kegiatan lainnya.

 

Fungsi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

Apa saja fungsi IPAL yang perlu Anda ketahui? Fungsi IPAL mencakup beberapa hal penting, yaitu:

  • Mengolah air limbah pertanian yang biasanya berisi kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya supaya dapat digunakan kembali.
  • Mengolah air limbah perkotaan, misalnya limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.
  • Mengolah air limbah industri, baik dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk pertambangan.

IPAL juga dapat didesain sebagai fasilitas pengolahan tunggal yang dapat melakukan fungsi bermacam-macam. Metode seperti biodegradasi, misalnya, tidak dapat menangani air limbah secara efektif, terutama karena mengandung bahan kimia berbahaya.

 

Tugas POPAL dan PPPA

Fungsi IPAL tersebut hanya bisa dilakukan oleh Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) dan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Air (PPPA) yang telah memiliki sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tugas POPAL dan PPPA telah diatur secara resmi dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 187 tahun 2018, di antaranya:

  • Mengoperasikan IPAL
  • Menilai tingkat pencerahan air limbah
  • Melakukan perawatan pada IPAL
  • Mengidentifikasi bahaya dalam pengolahan air limbah
  • Mengidentifikasi sumber pencemaran air limbah
  • Menentukan karakteristik sumber pencemaran air limbah
  • Menentukan peralatan IPAL
  • Melaksanakan daur ulang olahan air limbah
  • Menyusun rencana pemantauan kualitas air limbah
  • Melaksanakan pemantauan kualitas air limbah
  • Melakukan tindakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap bahaya dalam pengolahan air limbah.

Untuk melakukan tugas-tugasnya tersebut, calon POPAL dan PPPA harus menjalani pelatihan, selanjutnya mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat. Rangkaian sertifikasi ini wajib diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

POPAL dan PPPA Bersertifikasi untuk Industri

Sertifikasi kompetensi sangat penting bagi profesi POPAL dan PPPA. Pasalnya, tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sangat besar. POPAL dan PPPA bertugas untuk mengidentifikasi sumber pencemaran air limbah hingga melaksanakan daur ulang olahan air limbah.

Karena itu, industri yang menggunakan IPAL juga wajib mempekerjakan POPAL dan PPPA yang telah memiliki sertifikasi kompetensi. Apa saja industri tersebut? Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 68 Tahun 2016 mengenai Baku Mutu Limbah Domestik, semua perusahaan diwajibkan untuk membangun atau memiliki IPAL domestik.

Ini adalah bagian dari kewajiban industri atau perusahaan seperti yang tercantum dalam UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam aturan tersebut, industri dan perusahaan wajib mengolah limbah sisa produksi sehingga tidak mencemari lingkungan.

Kasus pencemaran lingkungan yang masih terjadi pada industri biasanya terjadi karena IPAL yang dimiliki tidak difungsikan tiap hari. Limbah pun disalurkan ke saluran umum sebelum diolah sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan. Hal seperti ini tentu tidak akan terjadi apabila ada kontrol dari POPAL dan PPPA.

Nah, salah satu LSP yang menawarkan pelatihan sekaligus sertifikasi adalah Mutu Institute. Lembaga ini telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menyelenggarakan training bagi calon POPAL dan PPPA.

Karena itu, bagi perusahaan atau individu yang ingin melakukan training POPAL dan PPPA untuk kebutuhan industri yang sedang dikelola, Mutu Institute bisa menjadi pilihan. Dengan paket terjangkau dan metode pembelajaran terbaik, Anda bisa mempekerjakan personil POPAL dan PPPA yang andal.

 

Ikuti Pelatihan sertifikasi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) di Mutu Institute? Hubungi kami di:

Hotline: 0819-1880-0007 

Email: info@mutuinstitute.com

Leave a Comment