Cara-Mendapatkan-Sertifikasi-ISO-50001

Mengenal Sistem Manajemen Lingkungan dan Tujuannya

Mengenal Sistem Manajemen Lingkungan, ada beberapa standar ISO 14001 sistem manajemen lingkungan yang harus dipenuhi oleh berbagai perusahaan agar tujuan pelestarian lingkungan bisa tercapai.

Di Indonesia, kini peraturan mengenai pelestarian lingkungan makin digalakkan. Dampaknya, sebagian besar perusahaan, terutama yang bergerak di bidang industri manufaktur, juga wajib memperhatikan seluruh aktivitasnya agar tidak memberikan dampak negatif terhadap lingkungan.

Dalam pengelolaan lingkungan, ada beragam cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Salah satunya adalah dengan melakukan penerapan ISO 14001 sistem manajemen lingkungan atau yang biasa dikenal dengan SML. Apa itu SML dan apa saja tujuannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Sistem Manajemen Lingkungan?

Menurut standar ISO 14001:2015, sistem manajemen lingkungan merupakan sebuah sistem yang mencakup struktur organisasi, tanggung jawab, perencanaan kegiatan, dan peraturan-peraturan atau kebijakan perusahaan terhadap lingkungan, terutama lingkungan sekitarnya.

Sistem tersebut adalah bagian dari sistem-sistem lainnya yang telah mendapatkan pengakuan internasional. Pengakuan dunia internasional dapat dibuktikan lewat sertifikat yang diberikan oleh badan sertifikasi yang berada di bawah langsung organisasi standardisasi internasional, dalam hal ini ISO.

Standar internasional bagi SML ini sudah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia pada September 1996 yang berupa ISO 14001 dan ISO 14004. Pemerintah Indonesia kemudian mengadopsinya menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan menjadi SNI-19-14001-1997 dan SNI-19-14001-1997.

Sistem manajemen lingkungan adalah praktik internasional terbaik dan cocok digunakan sebagai kriteria inti dalam penerapan bisnis di Indonesia secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kolaborasi seragam antara perusahaan-perusahaan yang berada di pusat dan daerah agar penerapan ISO 14001 sistem manajemen lingkungan dapat makin banyak dan merata.

SNI ISO 14001:2015 adalah standar terkini yang telah terintegrasi lingkungan di dalam proses bisnis yang juga mempertimbangkan masalah kesempatan dan risiko dari produk, jasa, dan kegiatan perusahaan.

Dengan sejalannya standar tersebut ke dalam proses bisnis, SNI ISO 14001:2015 dapat menjadi patokan sebuah perusahaan agar melakukan pengelolaan lingkungan yang dapat tetap memiliki kontribusi terhadap lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Standar SML versi Indonesia ini juga telah melakukan pertimbangan dari sudut pandang daur hidup yang dilakukan dari kegiatan, produk, dan jasanya. Ini dimulai dari pengolahan bahan baku, pengiriman, pendistribusian, proses produksi, penggunaan, hingga pengolahan akhir.

Diharapkan agar semua langkah daur hidup telah memiliki pertimbangan dari segala jenis aspek lingkungan.

Mengapa Memerlukan Sistem Manajemen Lingkungan?

Mengenal Sistem Manajemen Lingkungan dan Tujuannya

Pengelolaan lingkungan pada perusahaan, terutama dalam tingkatan manajerial dapat menjadi langkah utama dalam memajukan perusahaan.

Kepedulian lingkungan tidak hanya berpengaruh di dalam tingkat internal saja. Namun, kepedulian tersebut juga akan berdampak pada tingkat eksternal, terutama kesadaran akan produk yang diproduksi oleh perusahaan.

Itu sebabnya, ISO 14001 sistem manajemen lingkungan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Ada beberapa manfaat yang bisa diambil, seperti:

  • Perlindungan Lingkungan

Penerapan SML untuk perusahaan yang pertama adalah terwujudnya perlindungan terbaik terhadap lingkungan sekitar. Lingkungan yang terjaga dan terawat, pastinya akan menghindarkan dari dampak buruk yang bisa saja terjadi jika dibiarkan tanpa pemeliharaan yang jelas.

  • Keuntungan dari Sisi Ekonomi

Pada dasarnya, produksi sebuah perusahaan sangat bergantung kepada lingkungan di sekitarnya. Bila lingkungan tetap lestari dan terjaga dari berbagai ancaman, tentu saja proses produksi juga akan berjalan dengan lancar. Produksi yang meningkat pastinya akan mendatangkan keuntungan ekonomi.

  • Peningkatan Image Perusahaan

Penanam modal tentunya akan senang bila bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki image baik di mata publik. Komitmen penjagaan lingkungan akan menaikan image perusahaan di mata publik. Ini berarti, perusahaan sangat peduli dengan kelestarian lingkungan yang mungkin tidak dilakukan oleh perusahaan lain. Dengan begitu, makin banyak penanam modal yang tertarik untuk bekerja sama.

  • Menjalin Hubungan Baik

Pelestarian lingkungan oleh perusahaan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri saja, tetapi juga bagi masyarakat sekitar yang kemungkinan besar terdampak dan pemerintah yang memiliki kewenangan. Lewat lingkungan yang terjaga dengan baik, maka akan terjalin pula hubungan baik antar elemen-elemen yang ada karena komitmen perusahaan yang tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

  • Penurunan Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan sangat bisa dihindari, asalkan ada komitmen dari pihak-pihak terkait yang tetap peduli dan menjaga lingkungan. Penerapan ISO 14001 sistem manajemen lingkungan dapat membantu menurunkan kerusakan lingkungan yang parah yang disebabkan oleh perusahaan. SML memiliki manfaat dalam menjaga lingkungan untuk tetap seimbang dan stabil.

Tujuan Dari Sistem Manajemen Lingkungan

Pada dasarnya, tujuan dari diterapkannya sistem manajemen lingkungan adalah untuk memberikan dukungan dalam perlindungan dan pencegahan pencemaran lingkungan yang setara dengan keperluan sosial ekonomi. Sistem manajemen lingkungan mencakup berbagai hal yang terkait dengan kompetisi dan strategi.

Tujuan SML menurut ISO 14001 untuk membuat manusia, binatang, dan tetumbuhan tetap lestari atau hidup di dalam kondisi yang terbaik dan hidup secara alami.

Penerapan ISO 14001 sistem manajemen terlihat hanya sebuah hal kecil saja, tetapi proses yang dilalui akan makin tumbuh dan terus menjadi lebih baik dengan meningkatnya pengalaman.

Sementara itu, beberapa tujuan lainnya mencakup peningkatan kinerja lingkungan, pemenuhan kewajiban dalam penataan, dan pencapaian tujuan lingkungan yang terarah.

Mengapa Sistem Manajemen Lingkungan Dibutuhkan dalam Industri dan Lingkungan Hidup?

Pengelolaan lingkungan di dalam perusahaan, terutama di tingkat manajerial, dapat memajukan sebuah perusahaan. Lingkungan di sini tidak hanya memiliki pengaruh terhadap pihak internal saja, tetapi juga akan memberikan dampak yang positif untuk pihak eksternal, terutama konsumen produk perusahaan.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pengapalikasian SML di dalam perusahaan memiliki segudang manfaat baik bagi perusahaan, seperti:

  • Penurunan pencemaran lingkungan
  • Proses efisiensi yang makin meningkat
  • Manajemen moral/kerja yang meningkat
  • Kepuasan konsumen yang makin meningkat
  • Peraturan pemenuhan peraturan yang terus meningkat

Siapa yang Harus Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan?

Mengenal Sistem Manajemen Lingkungan dan Tujuannya

ISO 14001 sistem manajemen lingkungan memiliki sifat yang sukarela dan dapat digunakan oleh berbagai perusahaan dan organisasi yang menginginkan penerapan, pertahanan, dan menyempurnakan sistem manajemen lingkungan yang dihadapi.

Pembuktian terhadap pihak-pihak lain lain terkait dengan standar dari sistem manajemen lingkungan dan untuk mendapatkan sertifikat sebagai bentuk komitmen penuh.

Perusahaan yang wajib melakukan penerapan SML ini biasanya adalah perusahaan yang bergerak di industri manufaktur.

Hal ini karena industri tersebut sangat dekat dengan pencemaran dan perusakan lingkungan, terutama dalam hal pembuangan limbah dan peningkatan solusi. Maka dari itu, perusahaan-perusahaan manufaktur sangat dituntut dalam berkomitmen untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan.

Selain itu, perusahaan industri manufaktur juga wajib melakukan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat, khususnya masyarakat sekitar yang berada di lingkungan perusahaan.

Tanggung jawab sosial ini bisa dilakukan ke dalam banyak hal, mulai dari bantuan pendidikan, pengentasan kemiskinan, sarana dan prasarana, pembangunan tempat peribadatan, bantuan bencana alam dan lain-lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

ISO 14001 sistem manajemen lingkungan sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan tidak hanya oleh perusahaan-perusahaan saja, tetapi juga oleh kota-kota besar sebagai wujud perlindungan lingkungan agar tetap terjaga dan lestari. Mutu Institute memiliki program pelatihan ISO 14001.

Ingin mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan? Belum dapat Lembaga Pelatihan yang terpercaya? Masih bingung dengan syarat dan prosedur Serfikasi ISO 14001? Segera hubungi kami melalui info@mutuinstitute.com atau 0819-1880-0007.

Baca juga: Syarat dan Prosedur Mendapatkan Sertifikasi ISO 14001