Permen LHK tentang Standar Kompetensi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL)

Seseorang yang bertugas untuk melakukan kegiatan operasional pengelolaan air limbah harus memenuhi standar yang diatur oleh peraturan pemerintah (Permen).

Melakukan pengelolaan limbah secara benar dan bertanggung jawab adalah kewajiban setiap sektor industri. Karena itu, memiliki seorang tenaga ahli yang bertugas sebagai Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) adalah hal krusial. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa memastikan limbah yang dibuang ke lingkungan cukup aman dan tidak memiliki dampak yang merugikan.

Standar dan sertifikasi kompetensi seorang Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) diatur oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan NOMOR P.5/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2/2018. Berdasarkan Permen tersebut POPAL adalah personel yang berwenang sekaligus bertanggung jawab untuk menyusun rencana, mengoperasikan, dan melakukan optimalisasi dalam operasional instalasi air limbah. Selain itu, POPAL juga bertanggung jawab melakukan perawatan dan melakukan tanggap darurat terhadap instalasi air limbah jika diperlukan.

Pentingnya Sertifikasi untuk Tenaga POPAL

Untuk bisa melakukan tugas-tugas tersebut, personel yang akan ditempatkan pada posisi POPAL harus memiliki kompetensi. Di dalam peraturan pemerintah, kompetensi yang diharapkan mencakup berbagai aspek, mulai dari pengetahuan, kecakapan serta sikap kerja.

Untuk memperoleh sertifikat, POPAL harus mengikuti training atau pelatihan yang di dalamnya terdapat berbagai materi yang berhubungan dengan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Materi-materi tersebut antara lain adalah:

  • Pengetahuan mengenai cara pengoperasian IPAL yang benar sesuai dengan kebutuhan
  • Pengetahuan mengenai perawatan IPAL
  • Pedoman identifikasi terhadap bahaya yang mungkin muncul dalam proses pengelolaan air limbah
  • Upaya perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja seandainya terjadi bahaya dalam proses pengelolaan air limbah
  • Hukum dan aturan perundang-undangan terkait masalah limbah.

Apa Akibatnya Jika Perusahaan Tidak Memiliki Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) yang Bersertifikat?

Saat ini, banyak sekali pelaku industri terutama industri kecil dan menengah yang mengabaikan prinsip-prinsip pengelolaan limbah yang benar. Padahal, aturan mengenai hal ini sudah tertulis jelas di dalam undang-undang, khususnya untuk limbah B3 (bahan berbahaya beracun).

Ketentuan mengenai pelanggaran dalam pengelolaan limbah tertuang dalam Undang-undang Nomor 32/2009 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam pasal 98 disebutkan bahwa siapa saja yang dengan sengaja membuang limbah yang melampaui ambang batas yang ditentukan sehingga menyebabkan dampak buruk pada lingkungan akan mendapatkan sanksi.

Ketika sebuah perusahaan melanggar, hukuman yang paling ringan biasanya adalah teguran. Namun, dalam tahap yang berat, perusahaan bisa didenda minimal Rp3 miliar dan maksimal Rp10 miliar dan hukuman kurungan minimal selama 3 tahun dan maksimal 10 tahun. Sudah banyak sekali kasus pelanggaran yang menyebabkan perusahaan harus membayar ganti rugi yang besar, bahkan hingga disegel oleh pemerintah.

Untuk dapat melaksanakan tugas yang kompleks ini, perusahaan Anda wajib memiliki tenaga Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) yang bersertifikat. Dengan adanya sertifikat, personil tersebut tidak hanya mampu melaksanakan tugas dengan baik, tapi juga memenuhi persyaratan yang diminta oleh pemerintah.

Salah satu lembaga terbaik di mana Anda bisa mendapatkan sertifikat POPAL adalah melalui Mutu Institute. Mutu Institute merupakan lembaga training berpengalaman yang sudah membuka berbagai kelas pelatihan termasuk untuk Anda yang ingin menjadi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) bersertifikat. Lindungi perusahaan dan lingkungan dengan mengikuti pelatihan bersama Mutu Institute. Daftarkan diri Anda sekarang juga!

 

Ikuti Pelatihan sertifikasi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) di Mutu Institute? Hubungi kami di:

Hotline: 0819-1880-0007 

Email: info@mutuinstitute.com

 

Leave a Comment