ISO 9001:2015
Sistem Manajemen Mutu

Apa itu ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu)?

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu (SMM). Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti:

  1. Memenuhi persyaratan kualitas pelanggan,
  2. Sesuai dengan peraturan, atau
  3. Tujuan perusahaan atau organisasi.
  4. Sasaran Mutu.

Mengapa Manajemen Mutu Penting Untuk Organisasi?

Fokus utama SMM adalah untuk memenuhi dan memberi lebih dari sekedar kebutuhan pelanggan. Fokus ini akan memberikan kontribusi besar untuk keberhasilan organisasi dalam jangka panjang. ISO 9001 menyediakan infrastruktur, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membantu organisasi memonitor, meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja demi mendorok efektifitas, efisiensi, layanan pelanggan dan keunggulan produk. Sertifikasi ISO 9001 membantu organisasi untuk menyampaikan proses keterlibatan para stakeholder, reputasi organisasi, kepuasaan pelanggan dan manfaat kompetitif.

Manfaat dari ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu)

Dapar menjadi professional bersertifikat ISO 9001, anda akan mendapatkan manfaat :

  1. Mendapatkan keahlian tentang sistem manajemen mutu
  2. Membantu meningkatkan kualitas produk dan layanan
  3. Membantu organisasi untuk mengurangi biaya
  4. Meningkatkan efektivitas
  5. Membantu organisasi untuk focus pada pemikiran berbasis risiko
  6. Berkontribusi pada peningkatan berkelanjutan organisasi
  7. Meningkat kinerja
  8. Meningkatkan efisiensi operasi organisasi dan manajemen rantai pasokan

Bagaimana cara untuk mengikuti pelatihan ISO 9001?

Jika Anda ingin membuat perubahan bagi anda dan perusahaan dan bersedia mengambil tantangan untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001, Mutu Institute akan memastikan kebutuhan Anda akan terpenuhi dan Anda akan menjadi bagian dari berubahan.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap.

Untuk mendapatkan pengetahuan tentang Sistem Manajemen Mutu melalui kegiatan pelatihan ISO 9001 yang diselenggarakan oleh Mutu Institute, silahkan pilih jenis pelatihan yang telah kami sediakan dibawah ini.

Note: kini tersedia pelatihan ISO 9001 yang tersertifikasi oleh PECB

Understanding & Implementing

Pelatihan Understanding & Implementing Standar ISO 9001 adalah pelatihan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang apa itu ISO 9001, konsep sistem manajemen mutu, sejarah standar ISO 9001, interpretasi persyaratan standar ISO 9001 versi terbaru, dan gambaran bagaimana implementasi sistem manajemen mutu sesuai dengan standar ISO 9001:2015.

{2 Hari, Ada Ujian, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran}

Internal Auditor

Pelatihan Internal Audit ISO 9001:2015 adalah pelatihan yang bertujuan  memberikan pengetahuan dan keterampilan  praktis kepada pesertaagar dapat mengelola program audit internal dan melakukan kegiatan audit internal sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Pembahasan pada pelatihan Internal Audit ISO 9001:2015 sebagian besar adalah pengetahuan tentang teknik audit sistem manajemen mutu sesuai ISO 19011, dan sekilas pembahasan mengenai persyaratan standar ISO 9001:2015

{3 Hari, Ada Ujian, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran}

Lead Auditor

Pelatihan Lead Auditor standar ISO 9001:2015 adalah pelatihan yang bertujuan memberikan kemampuan kepada peserta agar dapat mengelola dan melakukan kegiatan audit sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001:2015. Pembahasan pada pelatihan lead auditor ISO 9001:2015 sebagian besar mengenai interpretasi persyaratan standar ISO 9001:2015 dan pendalaman terhadap teknik-teknik audit sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 19011:2011. Pelatihan dilengkapi dengan kegiatan praktek-praktek pembuatan dokumen kerja audit dan simulasi audit.

{5 Hari, Ada Ujian, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran & Kelulusan}

ISO 9001 LEAD AUDITOR (PECB)

Pelatihan Lead Auditor ISO 9001 memungkinkan Anda untuk mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk melakukan audit Sistem Manajemen Mutu (SMM) dengan menerapkan prinsip, prosedur, dan teknik audit yang diakui secara luas. Selama pelatihan ini, Anda akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk merencanakan dan melaksanakan audit internal dan eksternal sesuai dengan ISO 19011 dan proses sertifikasi sesuai dengan ISO / IEC 17021-1. Berdasarkan latihan praktis, Anda akan dapat menguasai teknik audit dan menjadi kompeten untuk mengelola program audit, tim audit, komunikasi dengan pelanggan, dan resolusi konflik. Setelah memperoleh keahlian yang diperlukan untuk melakukan audit ini, Anda dapat mengikuti ujian dan melamar kredensial "PECB Certified ISO 9001 Lead Auditor". Dengan memegang PECB Lead Auditor Certificate akan menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan dan kompetensi untuk mengaudit organisasi berdasarkan praktik terbaik.

Adapun tujuan pelatihan ini adalah :

  1. Memahami operasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) berdasarkan ISO 900i
  2. Mengetahui korelasi antara ISO 9001 dan standar lainnya serta kerangka kerja pengaturan
  3. Memahami peran auditor untuk: merencanakan, memimpin, dan menindaklanjuti audit sistem manajemen sesuai dengan ISO 19011
  4. Mempelajari cara memimpin tim audit dan audit
  5. Mempelajari cara menafsirkan persyaratan ISO 9001 dalam konteks audit SMM
  6. Memperoleh kompetensi auditor untuk: merencanakan audit, memimpin audit, menyusun laporan, dan menindaklanjuti audit sesuai dengan ISO 19011

Persyaratan mengikuti pelatihan ini adalah peserta harus memiliki Pemahaman mendasar tentang ISO 9001 dan pengetahuan yang komprehensif tentang prinsip-prinsip audit.

{5 Hari, Ada Ujian, Bahasa Inggris Sertifikat Kehadiran & Kelulusan}