Mutu Institute: Rekomendasi Lembaga Pelatihan & Sertifikasi ISPO Terbaik

Sebagai salah satu lembaga pelatihan dan sertifikasi terbaik, Mutu Institute hadir untuk membantu petani dan pengusaha sawit memperoleh sertifikasi ISPO dari Kementerian Pertanian.

Dari tahun ke tahun, industri sawit selalu mengalami pertumbuhan yang pesat. Selama bulan Juni 2020 saja, Indonesia telah memproduksi sekitar 4,5 juta ton kelapa sawit atau naik hingga 13% dari total produksi bulan sebelumnya.

Besarnya industri sawit dalam negeri membuat pemerintah perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat, berkualitas, dan ramah lingkungan, salah satunya dengan penerapan kebijakan sertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil).

Saat ini, ada sekitar 1500 perusahaan sawit yang beroperasi di antero negeri. Sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum mendapatkan sertifikasi ISPO. Padahal, sertifikasi ini wajib dimiliki oleh para pelaku usaha sawit, sesuai dengan ketentuan pemerintah yang berlaku.

Untuk memudahkan pengusaha memperoleh sertifikasi yang diperlukan, serta membantu pemerintah mewujudkan industri sawit yang berkelanjutan, hadirlah lembaga-lembaga pelatihan dan sertifikasi di berbagai kota besar, termasuk Mutu Institute yang bermarkas di area Depok.

Urgensi Sertifikasi ISPO

Sejak dicanangkan oleh Kementerian Pertanian pada tahun 2011, ISPO telah ditetapkan sebagai hal wajib yang harus dipenuhi oleh pengusaha sawit dari berbagai kalangan, mulai dari petani berskala kecil hingga perusahaan raksasa bertaraf multinasional.

Di tahun 2020, permintaan pasar terhadap CPO (crude palm oil) sebagai hasil utama olahan kelapa sawit didominasi oleh para pemegang sertifikasi ISPO. Seiring tingginya kesadaran masyarakat terhadap dampak lingkungan yang ditimbulkan perkebunan sawit, sertifikasi ISPO kian menjadi daya tarik yang sulit disaingi.

Pasalnya, ISPO sejak awal memang ditujukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar lahan sawit melalui partisipasi pengusaha, serta memastikan legalitas usaha yang dijalankan. Untuk memperkuat efek ISPO dalam industri sawit dalam negeri, pemerintah bahkan sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tahun 2018 untuk memperjelas tujuan sertifikasi.

Menurut Perpres tersebut, inilah tujuan dasar penyelenggaraan ISPO:

  1. Menciptakan ekosistem pengelolaan kelapa sawit yang berkelanjutan.
  2. Memperbaiki kualitas ekonomi, sosial budaya, dan kualitas lingkungan hidup.
  3. Meningkatkan daya saing kelapa sawit Indonesia.
  4. Memberi dampak pada pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Intended Nationally Determine Contribution (INDC).

Efek ISPO terhadap performa sebuah usaha pun patut diacungi jempol. Sawit dengan sertifikasi ISPO terbukti jauh lebih laris dan diminati di pasar dalam negeri.

Akan tetapi, meskipun sudah ada beberapa negara yang menerima sertifikasi ISPO, kebanyakan negara tujuan eskpor, seperti Eropa dan Amerika Serikat, masih mewajibkan penggunaan sertifikasi bertaraf internasional, seperti RSPO.

Baca juga: Prosedur Sertifikasi Perusahaan Pengelola Kelapa Sawit

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain sertifikasi ISPO bagi pengusaha:

  • Membantu perusahaan memastikan legalitas dan kepatuhan hukum di Indonesia. Hukum yang dimaksud mencakup soal pertanahan, perkebunan, badan usaha, dll.
  • Memberikan rasa aman bagi pelanggan dan pengusaha karena produk dengan sertifikasi yang jelas terbukti jauh lebih aman dikonsumsi dan lebih laris di pasaran.
  • Meningkatkan kualitas produk kelapa sawit dengan penerapan standar pengelolaan sawit yang baik untuk mendapai produktivitas maksimal.
  • Membantu menjaga kelestarian lingkungan di sekitar lahan untuk meminimalkan pengaruh usaha terhadap keanekaragaman hayati dan vegetasi asli.
  • Membantu mengurangi dampak sosial akibat kesenjangan sosial, serta meningkatkan kualitas individu yang terlibat dalam proses usaha (termasuk pekerja, masyarakat setempat, dll)

Dari poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa urgensi sertifikasi ISPO bagi pengusaha sawit sangat tinggi sehingga harus didapatkan sesegera mungkin, terlepas dari skala bisnis yang dijalankan.

Sekilas tentang Mutu Institute

Mutu Institute: Rekomendasi Lembaga Pelatihan & Sertifikasi ISPO Terbaik

Mutu Institute adalah lembaga pelatihan dan sertifikasi besutan PT. Forestcitra Sejahtera milik PT. Mutuagung Lestari. Beroperasi sejak tahun 1995, lembaga ini memiliki pengalaman selama puluhan tahun dalam menangani klien dari berbagai skala; mulai dari UMKM, perusahaan multinasional, hingga instansi-instansi milik pemerintah.

Lembaga ini memiliki visi untuk “Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan terdepan di bidang standardisasi, dengan menghasilkan kompetensi yang andal dan terpercaya secara nasional dan global”. Visi tersebut didukung dengan misi untuk menyediakan jasa pelatihan secara profesional dan kompeten, serta jasa sertifikasi yang kredibel, kompeten, dan tepercaya.

Saat ini, Mutu Institute menyediakan jasa sertifikasi ISPO yang diperlukan oleh para pengusaha dan petani sawit. Melalui jasa ini, diharapkan akan ada lebih banyak pengusaha sawit yang bergabung dalam upaya pemerintah untuk melakukan pengembangan bisnis sawit yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.

Mengapa Memilih Mutu Institute?

Selain berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, Mutu Institute memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan lembaga lain sejenis. Berikut adalah beberapa poin utamanya:

Layanan Pelatihan yang Lengkap

Layanan pelatihan sertifikasi ISPO yang diberikan oleh Mutu Institute sangat lengkap. Anda bisa menemukan tiga pilihan pelatihan sesuai kebutuhan, yaitu:

  • Pelatihan pemahaman standar ISPO untuk mengedukasi hal-hal yang berkaitan dengan pentingnya penerapan ISPO pada perusahaan perkebunan kelapa sawit, pelatihan
  • Pelatihan Internal Audit ISPO untuk mengedukasi dan mengasah keterampilan praktis peserta supaya bisa menjalankan program audit internal perusahaa, serta mengelola kegiatan audit internal ISPO sesuai standar ISO 19011
  • Pelatihan Auditor ISPO sebagai bagian dari proses akselarasi implementasi konsep ISPO di perindustrian Kelapa Sawit Indonesia sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Khusus untuk pelatihan ini, Mutu Institute bekerja sama dengan Sekertariat Komisi ISPO secara langsung.

Rancangan Silabus dengan Sistem Link and Match

Silabus yang digunakan dalam pelatihan Mutu Institute disusun dengan sistem link and match, yaitu penyesuaian material ajar dengan kebutuhan peserta pelatihan. Dengan demikian, materi pelatihan akan terasa relevan dan komprehensif sesuai dengan bidang yang digeluti oleh para pesertanya.

Kualitas Pengajar yang Kompeten di Bidangnya Masing-Masing

Mutu Institute menjamin kualitas pengajar yang merumuskan dan menyampaikan materi kepada para peserta pelatihan. Semua pengajar memiliki kompetensi yang spesifik untuk masing-masing bidang pelatihan. Dengan kata lain, tidak ada “pengajar cabutan” atau instruktur lintas bidang yang hanya sekadar menyampaikan materi tanpa pemahaman mendalam terhadap bidang yang diajarkan.

Sistem Pelatihan yang Inovatif dan Interaktif

Sistem pelatihan yang itu-itu saja jelas membosankan, serta terkesan sebagai sebuah formalitas belaka. Untuk memperdalam pemahaman peserta, Mutu Institute selalu mengedepankan teknik pengajaran yang inovatif dan interaktif.

Melalui prinsip ini, sekalipun pelatihan sertifikasi ISPO biasanya hanya berlangsung selama 2 sampai 3 hari, peserta diharapkan mampu membawa sebanyak mungkin ilmu yang dapat diterapkan langsung di lapangan.

Material Ajar yang Proaktif

Hal-hal yang berkaitan dengan hukum dan sertifikasi kelembagaan kerap berubah seiring dengan kebijakan dan regulasi baru dari pemerintah. Untungnya, material ajar Mutu Institute dirancang secara proaktif untuk memastikan relevansinya tetap terjaga sepanjang waktu.

Anda tidak perlu khawatir materi yang disampaikan sudah “usang” atau tidak sesuai dengan regulasi baru; saat ada perubahan kebijakan dan peraturan, silabus pengajaran pun akan berubah mengikuti perkembangan zaman.

Penutup

Dari pembahasan di atas, tidak heran jika Mutu Institute menjadi rekomendasi Lembaga Pelatihan & Sertifikasi ISPO nomor satu. Selain menawarkan pelatihan sertifikasi ISPO, lembaga ini juga menawarkan beragam pelatihan sertifikasi lain yang tidak kalah penting untuk para pengusaha kelapa sawit, seperti sertifikasi RSPO (The Roundtable on Sustainable Palm Oil).

Segera hubungi kami melalui info@mutuinstitute.com atau 0819-1880-0007Jangan tunda untuk melakukan Sertifikasi ISPO.

Leave a Comment