Rangkaian Program Pelatihan Auditor ISPO di Belitung, Batch 22

Kementrian Pertanian Direktur Jenderal Perkebunan telah memberikan kepercayaan kepada Mutu Institute untuk menyelenggarakan pelatihan program auditor ISPO di Belitung.

Praktek lapangan auditor ISPO Batch 22 diselenggarakan oleh Mutu Institute pada tanggal 29 Januari – 1 Februari 2024 di kota Belitung.

Suasana Program Auditor ISPO Batch 22 di Belitung

Mutu Institute bekerjasama dengan PT Sahabat Mewah & Makmur untuk memfasilitasi praktek lapangan kepada para peserta Auditor ISPO Batch 22 agar suasana praktek terasa nyata dan para peserta dapat lebih memahami materi ataupun situasi di lapangan pada saat melakukan audit.

Mutu Institute memfasilitasi Narasumber yang berpengalaman sebagai Auditor Bernama Oktovianus Rusmin untuk pembekalan Materi kepada para peserta pelatihan.

Praktek Lapangan Auditor ISPO Batch 22 diselenggarakan mulai dari keberangkatan dari Jakarta ke Belitung ditempuh dengan waktu penerbangan 50 Menit dan perjalanan bandara ke lokasi praktek 1 jam.

Setibanya dilokasi praktek para peserta berkumpul di ruang kelas yang telah kami sediakan untuk pembekalan materi secara tatap muka mulai dari prinsip 2, 3, 4, 5 & 7 yang di jelaskan langsung oleh narasumber kami Oktovianus Rusmin.

Pelaksanaan Praktek lapangan para peserta melakukan Praktek kajian dokumen yang telah disediakan oleh PT Sahabat Mewah Makmur untuk mendukung praktek yang diselenggarakan.

Kajian dokumen diselenggarakan untuk membekali para peserta terkait kelengkapan dokumen pada saat melakukan Audit sehingga para peserta dapat memahami dokumen-dokumen apa saja yang memang diperlukan atau sesuai dengan prinsip-prinsip Auditor ISPO.

Praktek langsung ke lapangan sesuai dengan  fasilitas yang telah disediakan oleh PT Sahabat Mewah Makmur untuk mendukung praktek yang diselenggarakan.

Praktek lapangan diselenggarakan kepada peserta, setelah memahami materi-materi yang telah disampaikan oleh narasumber dan praktek lapangan ini dibagi menjadi 3 lokasi yaitu untuk fasilitas, pabrik kelapa sawit dan kebun kelapa sawit.

Dari 3 lokasi yang telah dikunjungi oleh semua peserta kami Bersama-sama mengunjungi hutan konservasi PT Sahabat Mewah Makmur yang berlokasi di jangkang Belitung untuk memperlihatkan keindahan hutan konsevasi yang dikelola oleh PT Sahabat Mewah Makmur.

Pada hari ke Empat merupakan hari penentuan selama pelatihan Auditor ISPO berlangsung yaitu Ujian, kami memberikan waktu kepada peserta 2 jam untuk mengisi soal ujian yang telah disiapkan.

Tibalah Hari yang ditunggu-tunggu oleh para peserta dimana hari ke Lima merupakan fasilitas tambahan dari Mutu Institute kepada para peserta untuk menghilangkan rasa penat atau bosan selama pelatihan.

Mutu Institute memberikan fasilitas terkahir kepada peserta, yaitu mengunjungi pantai Laskar Pelangi, mengunjungi pulau lengkuas dan Snorkling dengan harapan para peserta dapat merasa nyaman dan menghilangkan kepenatan sejenak selama pelatihan dan sebelum Kembali ke tempat kerja masing-masing.

Picture of Tami Mutu Institute
Tami Mutu Institute

Professional Trainer