Sistem-Pendidikan-di-Indonesia-dan-Perkembangannya

Standar Gaji Profesi K3 di Berbagai Posisi

Standar gaji profesi K3 begitu menggiurkan, bahkan untuk lulusan diploma yang masih minim pengalaman. Angkanya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Tak percaya? 

Tahukah Anda betapa mahalnya biaya kontrak ahli K3? Benar, standar gaji profesi K3 tergolong tinggi, terutama untuk mereka yang sarat pengalaman dan berpendidikan tinggi. Kalau berminat, Anda bisa mulai mempertimbangkan K3 sebagai bidang pekerjaan yang cocok digeluti.

Karir Profesi K3 di Berbagai Sektor Industri

Pemerintah tengah menggalakkan program peningkatan K3 di semua sektor industri. Alhasil, banyak perusahaan kemudian membuka lowongan pekerjaan bagi para profesional di bidang K3 demi memenuhi aturan tersebut. Tak heran pula jika orang menilai bahwa karir profesi K3 cukup menjanjikan, bahkan hingga beberapa waktu mendatang.

Selain memiliki standar gaji relatif tinggi, praktisi K3 memunyai banyak pilihan karir. Berikut sejumlah pilihan profesi yang bisa digeluti para lulusan K3.

  1. Safety inspector, bertugas memeriksa implementasi aturan dan kebijakan K3 di suatu lokasi kerja, menghukum dan menindak setiap pelanggaran yang ditemukan. Ada pula safety auditor yang juga bertugas melakukan pemeriksaan pada penerapan K3, tetapi tidak berhak melakukan tindakan. 
  2. HSE (Health, Safety, and Environment), membuat sistem manajemen K3 berikut semua prosedur dan pengembangannya.
  3. Teknisi keselamatan, pekerjaannya memastikan keamanan semua peralatan produksi yang bermesin atau digerakkan motor, ini juga termasuk kendaraan dan alat-alat angkut.
  4. Process safety, bertugas memastikan keamanan seluruh rangkaian produksi dari awal hingga akhir. Terutama jika proses tersebut melibatkan penggunaan instalasi pipa, tangki, dan sejenisnya.
  5. Fire safety, tugasnya mencegah, dan menanggulangi kebakaran, memberikan perlindungan darinya, serta menyelidiki penyebab-penyebabnya guna menghindari risiko yang sama di masa depan.
  6. Safety advisor, adalah seorang penasehat atau konsultan K3. Tidak bertanggung jawab langsung terhadap implementasi K3, tetapi berwawasan luas dan punya jam terbang tinggi, sehingga sering memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keamanan di tempat kerja.
  7. Corporate safety, merupakan divisi di perusahaan multicabang yang khusus menangani masalah K3. Mulai dari membuat standar kebijakan, audit dan analisis, hingga pelatihan.

Masih banyak lagi profesi K3 yang tugasnya lebih spesifik lagi, seperti ahli higienis, ahli perancah (scaffolding), ergonomik, K3 medis, dan lain sebagainya. Itu juga menjadi satu bukti bahwa profesi K3 dibutuhkan hampir di semua bidang industri.

Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 telah mencantumkan, sedikitnya ada 16 kategori usaha yang wajib menerapkan prosedur K3. Di dalamnya termasuk industri manufaktur, konstruksi, pertambangan, agribisnis, otomotif, pengolahan sumber daya, medis, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sertifikasi K3 yang Wajib Dimiliki

Metode Penentuan Gaji Karyawan

Metode Penentuan Gaji Karyawan

Standar gaji profesi K3 ditentukan oleh banyak faktor. Selain tugas dan tanggung jawabnya, skala perusahaan juga berpengaruh terhadap besar kecilnya penghasilan yang diterima karyawan di bidang K3.

Pemerintah RI sendiri telah menetapkan aturan tentang penentuan upah yang juga berlaku untuk standar gaji profesi K3. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 1 Tahun 2017, tepatnya Pasal 2 ayat 1. Berikut lima faktor yang wajib diperhatikan.

  1. Golongan jabatan, yaitu kelompok jabatan berdasarkan bobot atau besar kecilnya tanggung jawab. Misalnya, gaji staf keuangan tentu akan lebih kecil daripada gaji manajer keuangan. 
  2. Jabatan, yaitu posisi berdasarkan tugas dan pekerjaan atau divisi masing-masing dalam struktur organisasi. Contoh jabatan yang dimaksud, seperti manajer HRD, manajer operasional, manajer keuangan, dan sebagainya. 
  3. Masa kerja, adalah durasi pengalaman seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu. Lama tidaknya pengalaman juga wajib diperhatikan dalam menentukan tingkat gaji karyawan. 
  4. Pendidikan, yaitu mempertimbangkan status pencapaian jenjang pendidikan formal yang dibuktikan melalui dokumen resmi (ijazah). Biasanya ini juga dipersyaratkan pada waktu penerimaan karyawan baru.
  5. Kompetensi, meliputi wawasan, keahlian, dan sikap menurut posisi atau jabatan yang diduduki seorang karyawan.

Melihat syarat-syarat tersebut, jadi berapa tepatnya standar gaji profesi K3? Informasi tentangnya akan Anda peroleh pada bagian akhir pembahasan kali ini. 

Kisaran Standar Gaji Profesi K3

Berikut kisaran standar gaji profesi K3 yang kami peroleh dari Kelly Services Indonesia, salah satu perusahaan rekrutmen karyawan terbesar se-Asia Pasifik. Data terbaru periode 2020–2021 menunjukkan standar gaji profesi K3 di berbagai posisi, dengan rincian sebagai berikut:

1.      Manufaktur

  • HSE Coordinator lulusan S1, pengalaman 5 – 10 tahun, standar gajinya Rp 10 – 20 juta
  • HSE Manager S1, pengalaman 10 – 15 tahun, Rp 20 – 30 juta
  • Head of Sustainability S1 berpengalaman 10 – 15 tahun, Rp 25 – Rp 35 juta
  • QA (Quality Assurance) Engineer S1, pengalaman 3 – 5 tahun, Rp 10 – 14 juta
  • QA (Quality Assurance) Supervisor, S1, minimal 4 tahun, Rp 12 – 20 juta
  • QA (Quality Assurance) Manager, S1, 20 tahun, Rp 16 – 18 juta.

2.      Konstruksi

  • Spesialis Lingkungan, lulusan S1, pengalaman lebih dari 10 tahun, standar gajinya Rp 30 – Rp 45 juta-an.
  • HSE Manager, D3, minimal 1 tahun, Rp 7 – 8 juta
  • HSE Supervisor, S1, minimal 5 tahun, Rp 9 – 13,5 juta
  • HSE Officer, S1, minimal 10 tahun, Rp 10 – 24 juta
  • Process Safety/Loss Prevention Engineer, S1, 5 – 8 tahun, Rp20 – 55 juta
  • QC Engineer, S1, 5 – 8 tahun, Rp 15 – 23 juta
  • QC Senior Engineer, S1, 11 tahun, Rp 20 – 27 juta
  • QC Manager, S1, minimal 10 tahun, Rp 40 – 70 juta
  • QMS Auditor, S1, minimal 5 tahun, Rp 10 – 12 juta

3.      Pertambangan

  • Environmental Manager, lulusan S1, pengalaman 10 – 20 tahun, standar gajinya Rp 20 – 28 juta
  • HSE Manager, S1, minimal 10 tahun, Rp 28 – 40 juta
  • Safety Coordinator, S1, minimal 3 tahun, Rp 6 – 8 juta
  • Technical Service Superintendent, S1, 10 – 20 tahun, Rp 30 – 35 juta

4.      Minyak dan Gas

  • HSE Manager, lulusan S1, pengalaman 5 – 10 tahun, standar penghasilan Rp 28 – 40 juta
  • HSE Advisor, S1, 10 – 20 tahun, Rp 95 – 125 juta
  • Technical Safety Advisor, S1, 10 – 20 tahun, Rp 95 – Rp 125 juta
  • Technical Safety Manager, S1, 5 – 10 tahun, Rp 77.5 – Rp 95 juta

5.      Petrokimia

  • QA Manager, lulusan S1, pengalaman minimal 7 tahun, standar gaji Rp 55 – 75 juta
  • QA Officer, S1, minimal 3 tahun, Rp 10 – 18 juta
  • Sustainability Specialist, S1, minimal 8 tahun, Rp 20 – 27 juta

6.      Pembangkit Listrik

  • HSE Manager, lulusan S2, pengalaman minimal 10 tahun, pendapatannya antara Rp 30 – 45 juta
  • HSE Officer, S1, 1 – 5 tahun, Rp 10 – 12 juta

7.      Otomotif

  • HSE Supervisor, lulusan S1, pengalaman minimal 4 tahun, standar gaji antara Rp 6 – 14 juta
  • QC Officer, D3/S1,  4 – 8 tahun Rp 5 – 14 juta

Demikian informasi singkat tentang kisaran standar gaji profesi K3 di berbagai ranah industri di Indonesia. Berdasarkan uraian di atas, kini Anda tahu seberapa menjanjikannya profesi K3 ini jika ditekuni secara serius. Berminat?

Jika Anda seorang yang menyukai tantangan dan ingin mendapatkan sertifikasi K3, Mutu Institute menjadi tempat yang berkualitas bagi pelatihan K3 Anda. Tunggu apalagi? Segera hubungi Mutu Institute melalui info@mutuinstitute.com atau 0819-1880-0007.

Referensi: https://www.kellyservices.co.id/media/kellyservicesindo/client/PDFFiles/PERSOLKELLY-INDONESIA-SALARY-GUIDE-2020-2021.pdf