Mengapa Industri Perlu Menerapkan Manajemen Mutu ISO 9001?

ISO 9001 menjadi salah satu sertifikasi standar mutu paling banyak digunakan. Apakah sertifikasi ini juga penting untuk industri? Berikut ulasannya!

Menghadapi persaingan di era globalisasi, industri meningkatkan manajemen mutu. Pasalnya, manajemen mutu terkait dengan matriks kinerja, daya saing, dan citra industri. Jika perbaikan ataupun peningkatan kualitas diabaikan, lambat laun bisa menghancurkan bisnis di sektor tersebut.

Salah satu upaya untuk meningkatkan manajemen mutu adalah dengan menerapkan ISO 9001. Semua industri yang mendapatkan sertifikasi ISO ini dianggap telah memenuhi standar manajemen mutu berstandar internasional.

Lantas, apakah manajemen mutu ISO 9001 benar-benar penting untuk industri? Simak ulasan berikut ini!

Efisiensi Biaya

Industri kerap mengeluarkan banyak biaya untuk membuat suatu produk. Jika terjadi kesalahan dalam pembuatan produk, pihak industri harus mengulangnya. Hal ini tentu dapat menguras anggaran kalua terjadi terus-menerus.

Namun, dengan menerapkan standar ISO, industri bisa mencegah kinerja dan produksi yang buruk. Pasalnya, industri sudah memiliki acuan untuk mengantisipasi penurunan kinerja karyawan maupun produksi.

Menjamin Mutu Produk

Mutu produk merupakan salah satu hal yang dinilai dalam proses sertifikasi ISO. Saat industri dinyatakan lolos sertifikasi ISO, berarti produknya sudah memenuhi standar internasional. Dengan begitu, konsumen yang menggunakan produk industri tersebut sudah memperoleh jaminan kualitas.

Produk dari industri diproduksi berdasarkan standar ISO, mulai dari pembuatan hingga pengemasannya. Selain itu, produk juga dijamin aman, baik saat pendistribusian, maupun tiba di tempat penjualan.

Jika kualitas tersebut terus dipertahankan, kepercayaan konsumen pada industri makin meningkat. Hasilnya, konsumen tetap setia menggunakan produk tersebut. Hal ini tentu menguntungkan Anda, baik dari segi finansial, maupun citra diri.

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Mengapa-Industri-Perlu-Menerapkan-Manajemen-Mutu-ISO-9001

Sistem manajemen mutu yang sudah ditetapkan oleh industri tentu wajib dipatuhi oleh karyawan. Ketika ada pelanggaran dari internal, industri pun bisa mengambil tindakan sesuai standar. Dengan demikian, karyawan terpacu untuk menjaga mutu, produktivitas, dan efisiensi.

Menjamin Kepuasan Konsumen

Apakah Anda pernah mendapatkan komplain produk dari konsumen? Komplain merupakan salah satu bentuk perhatian konsumen terhadap industri Anda. Dari sini, pihak industri semestinya introspeksi, barangkali ada yang salah dengan mutu produknya.

Mutu produk terkait dengan kepuasan konsumen. Apabila konsumen puas, ia akan kembali membeli produk Anda. Sebaliknya, konsumen yang merasa kurang puas, pasti berpaling dari produk tersebut.

Anda dapat menilai kepuasan konsumen dari sisi fungsional. Semisal, ketika meminum produk vitamin dari industri A, konsumen merasa lebih sehat. Pun bisa menilai dari sisi psikologis, yakni perasaan konsumen ketika memperoleh pelayanan khusus dari industri.

Selain itu, Anda bisa mengukur kepuasan konsumen dengan menggunakan level. Mulailah dari level terendah hingga tertinggi disertai keterangan standarnya.

Namun, dengan adanya penerapan ISO, industri tak perlu susah payah membuat standar. Pasalnya, ISO sudah menetapkan standar produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Baca juga: 6+ Prinsip Dasar Manajemen Mutu

Meningkatkan Kredibilitas

Kredibilitas merupakan mutu, kekuatan produk, maupun kapabilitas produksi industri yang berdampak pada kepercayaan konsumen. Kredibilitas juga menjadi salah satu faktor penentu loyalitas konsumen terhadap produk dari industri tertentu.

Jika konsumen loyal, ia tidak hanya menjadi pelanggan setia, tetapi juga advocate untuk brand suatu industri. Selain itu, kredibilitas menentukan kesuksesan program pemasaran yang dijalankan oleh industri.

Itulah pembahasan seputar pentingnya manajemen mutu ISO 9001 untuk dunia industri. Jika Anda memiliki industri yang belum tersertifikasi, Mutu Institute menyediakan pelatihan ISO sesuai kebutuhan Anda.

Mutu Institute memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun serta mendapatkan dukungan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional. Selain itu, Mutu Institute mempunyai kurikulum berkualitas, dipercaya ribuan perusahaan, dan industri.

Ingin mengikuti Pelatihan/Training? Belum dapat Lembaga Pelatihan yang terpercaya? Segera hubungi kami melalui info@mutuinstitute.com atau . Ikuti Training sesuai kebutuhan Anda Bersama Kami. Anda dapat mengajukan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan maupun individu. Hubungi Mutu Institute sekarang juga. Follow juga Instagram Mutu Institute di @mutu_institute untuk update pelatihan lainnya.

Referensi :

PENTINGNYA SERTIFIKASI ISO

https://www.mas-software.com/blog/mengenal-apa-iso-9001

https://medium.com/@sabrinaalifiamaryam/manfaat-sertifikat-iso-9001-457cd71670c4

Picture of Tami Mutu Institute
Tami Mutu Institute

Professional Trainer