Tugas Seorang Operator K3 MIGAS Apa Saja?

Rekomendasi Pelatihan Sertifikasi ISO 14001

Perusahaan atau industri manufaktur memerlukan Sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan. Apa itu Sertifikasi ISO 14001?

Tahukah Anda bahwa perusahaan atau industri manufaktur harus memiliki sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan?

Perusahaan maupun industri manufaktur memiliki kaitan erat dengan isu kelestarian lingkungan hidup.

Isu tersebut meliputi pengolahan limbah, konservasi sumber daya alam, pengemasan dan transportasi, penggunaan energi, serta emisi.

Untuk menghindari risiko pencemaran lingkungan hidup tersebut, perusahaan atau industri manufaktur harus memiliki sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan.

Sertifikat ISO 14001 terbukti efektif dalam mengendalikan aspek yang berkaitan dengan lingkungan hidup, seperti, penggunaan air tanah yang berlebihan, pencemaran getaran dan debu yang dihasilkan alat transportasi, hingga pencemaran udara akibat kebocoran gas.

Lantas, apa itu sertifikasi ISO 14001 dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak informasinya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Sertifikat ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan?

ISO merupakan perancangan dan penerapan sistem manajemen lingkungan berdasarkan sertifikat standar internasional. Standar internasional sistem manajemen lingkungan ini diterbitkan oleh The International Organization for Standardization (ISO), yaitu sebuah badan internasional yang membuat dan mendistribusikan standar yang diterima semua negara.

Sistem manajemen lingkungan (EMS) merupakan sebuah sistem yang memuat kebijakan, proses, rencana, praktik, dan catatan yang mengatur bagaimana perusahaan atau industri manufaktur berinteraksi dengan lingkungan.

Sistem ini dapat diberlakukan untuk perusahaan maupun industri manufaktur dengan persyaratan hukum tepat dan interaksi lingkungan yang sesuai.

Dalam hal ini, kehadiran ISO menjadi pedoman dan kerangka kerja untuk membuat sistem manajemen lingkungan sehingga perusahaan tidak melewatkan elemen penting dalam pembuatan EMS ini.

Sertifikat ISO memiliki banyak versi. Terbitan versi terbaru dari persyaratan sistem manajemen lingkungan ini dikeluarkan pada tahun 2015. ISO versi 2015 disebut sebagai ISO 14001: 2015.

Memahami Peran Penting ISO 14001 Bagi Perusahaan

Menjaga lingkungan dan mencegah timbulnya dampak negatif bagi lingkungan adalah dua hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau industri manufaktur. Di sinilah peran penting ISO 14001 bagi perusahaan.

Karena dengan menerapkan sistem manajemen lingkungan, dampak negatif terhadap lingkungan dapat dikurangi.

Penerapan EMS tidak hanya memberi dampak baik bagi lingkungan saja, tetapi juga membawa hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan, masyarakat umum, dan komunitas pencinta lingkungan. Bahkan perusahaan juga dapat menghemat pengeluaran melalui sistem manajemen lingkungan ini.

Bagaimana sistem manajemen lingkungan berperan dalam penghematan keuangan perusahaan? Hal ini terjadi karena adanya pengurangan insiden yang bisa membuat perusahaan mengeluarkan biaya pertanggungjawaban. Selain itu, perusahaan bisa memperoleh asuransi dengan biaya yang lebih masuk akal.

Upaya pengurangan dalam sistem manajemen lingkungan juga bisa membuat perusahaan menghemat bahan produksi dan energi. Jadi, peran penting ISO 14001 tidak hanya berimbas pada kelestarian lingkungan saja. Namun, juga membantu dalam penghematan pengeluaran perusahaan.

Langkah Praktis Mendapatkan Sertifikasi ISO 14001

Rekomendasi Pelatihan Sertifikasi ISO 14001

Sebelum membahas mengenai langkah praktis mendapatkan sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, ada dua jenis sertifikasi yang perlu Anda ketahui, yaitu sertifikasi sistem manajemen lingkungan perusahaan terhadap persyaratan ISO 14001 dan sertifikasi individu untuk dapat mengaudit persyaratan ISO 14001.

Praktik sertifikasi ISO 14001 untuk perusahaan melibatkan penerapan sistem manajemen lingkungan berdasarkan persyaratan ISO 14001.

Kemudian perusahaan menyewa badan atau perorangan yang memiliki sertifikasi ISO untuk melakukan audit dan menyetujui EMS atau sistem manajemen lingkungan apabila telah memenuhi persyaratan standar ISO 14001.

Proses sertifikasi di atas dimulai dengan dukungan manajemen dan mengidentifikasi persyaratan hukum yang diperlukan untuk EMS. Pada tahap ini, perusahaan harus mulai menentukan kebijakan lingkungan, aspek lingkungan, tujuan, dan target lingkungan.

Hal tersebut bertujuan untuk menentukan ruang lingkup dan implementasi dari keseluruhan sistem manajemen lingkungan hidup.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan proses dan prosedur wajib untuk operasional perusahaan. Sebagai pelengkap, perusahaan juga perlu membuat beberapa dokumen penting. Pembuatan dokumen ini bisa dilakukan sendiri oleh perusahaan, menyewa konsultan pembuat dokumen, atau membeli dokumentasi standar.

Setelah semua prosedur tersebut dijalankan, perusahaan perlu menjalankan EMS dalam kurun waktu tertentu. Dari proses ini, perusahaan dapat mengumpulkan data untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu mengaudit dan meninjau sistem perusahaan kemudian mendapat sertifikasi.

 

Langkah-Langkah Mendapatkan Sertifikasi Perusahaan

Setelah semua dokumentasi selesai dan diterapkan, perusahaan perlu melakukan langkah berikut untuk memastikan sertifikasi berhasil:

  • Audit Internal
    Audit internal dilakukan untuk memeriksa proses EMS perusahaan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan proses EMS telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan tidak ditemukan masalah yang tersembunyi.
  • Tinjauan Manajemen
    Tinjauan formal oleh manajemen dilakukan untuk mengevaluasi fakta yang relevan dengan proses sistem manajemen. Langkah ini dilakukan untuk membuat keputusan yang tepat dan menetapkan sumber daya.
  • Tindakan Korektif

Setelah audit internal dan tinjauan manajemen, perusahaan perlu memperbaiki akar penyebab masalah yang teridentifikasi dan mendokumentasikan cara penyelesaiannya.

Proses sertifikasi perusahaan dibagi menjadi dua tahap:

  • Tahap Satu (tinjauan dokumentasi)

Auditor dari badan sertifikasi yang dipilih oleh perusahaan akan memeriksa untuk memastikan dokumentasi perusahaan telah memenuhi persyaratan ISO 14001.

  • Tahap Dua (audit utama)

Pada tahap ini, auditor lembaga sertifikasi akan memeriksa apakah aktivitas perusahaan telah sesuai dengan ISO 14001. Proses pemeriksaan ini juga berlaku untuk dokumentasi perusahaan dengan meninjau dokumen, catatan, dan praktik perusahaan.

Pelatihan dan Sertifikasi ISO 14001 untuk Individu

Rekomendasi Pelatihan Sertifikasi ISO 14001

Ada berbagai konsep pelatihan ISO 14001 individu yang dapat dipilih. Namun, hanya jenis kursus tertentu yang dapat menghasilkan sertifikasi individu dengan wewenang dapat mengaudit badan sertifikasi.

Beberapa kursus yang lain juga berguna apabila Anda ingin menggunakan keterampilan tersebut untuk perusahaan.

Berikut jenis pelatihan atau kursus sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan untuk individu:

  • Kursus Auditor Utama ISO 14001

Kursus pelatihan ini dilakukan selama empat hingga lima hari, dengan berfokus pada pemahaman standar ISO 14001 EMS. Sertifikasi kursus ini dapat digunakan untuk mengaudit sistem manajemen berdasarkan persyaratan standar ini.

Dalam kursus ini terdapat ujian akhir yang bertujuan memverifikasi pengetahuan dan kompetensi peserta. Hanya dengan kursus terakreditasi seseorang memiliki wewenang untuk mengaudit badan sertifikasi.

  • Kursus Auditor Internal ISO 14001

Kursus ini biasanya berlangsung selama dua atau tiga hari yang didasarkan pada kursus auditor utama di atas, tetapi tidak termasuk tes untuk kompetensi. Sertifikasi kursus ini berguna bagi seseorang yang akan melakukan audit internal dalam perusahaan.

  • Kursus Kesadaran dan Penerapan ISO 14001

Kursus yang menawarkan pengetahuan tentang ISO 14001 dan cara penerapannya. Kursus ini bisa berlangsung selama satu, dua, atau bahkan lima hari. Bahkan dapat mencakup sesi e-learning online sebagai metode pengajaran materi.

Kursus ini direkomendasikan untuk mereka yang membutuhkan gambaran umum tentang standar ISO 14001 atau mereka yang akan terlibat dalam implementasi di dalam perusahaan.

Rekomendasi Pelatihan Sertifikasi ISO 14001

Ada sejumlah organisasi pelatihan terakreditasi di seluruh dunia yang menawarkan pelatihan sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, salah satunya adalah Mutu Institute. Jenis pelatihan sertifikasi ISO 14001 yang ditawarkan Mutu Institute, antara lain:

  • Understanding and Implementing

Bertujuan memberikan pelatihan dan pemahaman tentang ISO 14001 dan segala hal yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan kepada peserta.

  • Internal Auditor
    Pelatihan yang bertujuan memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada peserta agar dapat mengelola program dan melakukan kegiatan audit internal sistem manajemen lingkungan ISO 14001
  • Lead Auditor

Pelatihan ini bertujuan agar dapat mengelola dan melakukan kegiatan audit sistem manajemen lingkungan sesuai standar ISO 14001.

Ingin mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan? Belum dapat Lembaga Pelatihan yang terpercaya? Masih bingung dengan syarat dan prosedur Serfikasi ISO 14001? Segera hubungi kami melalui info@mutuinstitute.com atau 0819-1880-0007.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Apa Itu ISO 14001 Sistem Manajemen Mutu